Peristiwa

Tim Gabungan Kerja Bakti Bersihkan Puing di Desa Barengkrajan Krian

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pasca peristiwa robohnya puluhan tiang listrik yang roboh di Desa Barengkrajan, Kecamatan Krian, tim gabungan dan warga melakukan kerja bakti bersama untuk membersihkan puing-puing, Senin (6/1/2020).

Tim gabungan itu diantaranya dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, BPBD Sidoarjo, Linmas, PLN, Forkopimka Krian dan warga sekitar. Mereka nampak semangat kerja bakti membersihkan sisa-sisa reruntuhan pohon, tiang listrik, kabel dan beberapa atap bangunan yang rusak akibat angin kencang.

“Usai apel, kita langsung bergerak membersihkan sisa-sisa material yang berceceran di lokasi yang terkena dampak cuaca ekstrim kemarin,” kata Kompol M. Kholil, Kapolsek Krian, disela kegiatan.

Sejumlah kegiatan itu, tambahnya, adalah sebagai wujud respon cepat Polresta Sidoarjo dalam bersinergi dengan beberapa instansi terkait untuk penanganan bencana di wilayah Kabupaten Sidoarjo. “Kita lakukan sampai kondisi dalam keadaan normal,” tukasnya.

Sementara itu, terkait sejumlah pohon yang tumbang dan beberapa atap rumah warga yang rusak akibat diterjang angin kencang, BPBD Kabupaten Sidoarjo sudah memberikan bantuan.

Bantuan itu berupa asbes, terpal dan material lain yang dibutuhkan. BPBD sampai saat ini belum menafsir total kerugian yang diakibatkan peristiwa tersebut.

“Kerugian secara keseluruhan belum kami rinci. Kita masih fokus pengkondisian dan normalisasi lokasi,” kata Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawiro.

Puluhan tiang listrik yang roboh di Desa Barengkrajan, Krian berakibat lumpuhnya aliran listrik sementara di wilayah tersebut.

“Secara umum sebagian besar sudah normal, sampai saat ini, pekerjaan dilokasi masih berlangsung,” terang Humas PLN UP3 Sidoarjo, Erwin Santoso.

Diberitakan sebelumnya, tercatat total ada sekitar 78 tiang listrik di sejumlah wilayah di Sidoarjo ambruk akibat disapu angin kencang yang datang bersamaan hujan deras, Minggu (5/1/2020). Akibatnya, aliran listrik pun terganggu.

Kondisi itu tersebar di berbagai wilayah. Dan area yang berdampak cukup besar adalah wilayah Desa Barengkrajan, Krian.

Tak hanya itu, wilayah di Sidoarjo Kota,  sekitar Bypass Krian, Krikilan, Katerungan, Legundi, Kota Damai, Badas, dan beberapa wilayah lain juga terjadi tiang listrik roboh dan pohon tumbang.(isa/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar