Peristiwa

Tim DEA dari Amerika ke Polrestabes Selidiki Kasus di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Perang melawan peredaran narkoba di Kota Surabaya terus digencarkan. Bahkan Polrestabes Surabaya melalui Satuan Reserse Narkoba kedatangan tamu dari jajaran Drug Enforcement Administration (DEA).

DEA merupakan lembaga negara milik Amerika Serikat (AS) yang bergerak dalam bidang investigasi peredaran narkoba di AS dan di dunia.

Kasat Narkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Memo Ardian menjelaskan, kedatangan DEA ke Polrestabes Surabaya untuk melakukam kerjasama investigasi kasus narkoba. Tak disebutkan secara rinci dan spesifik, kerjasama antara Satnarkoba Polrestabes Surabaya dan DEA ini.

“Yang pasti kerjasama dengan DEA ini untuk aejumlah kasus. Diantaranya kasus golden treee (pohon emas.red) dan narkotica terorism (kejahatan narkotika.red). Maaf tak bisa menjelaskan secara detail karena masih dalam pengembangan,” paparnya kepada┬áberitajatim.com, Sabtu (19/9/2020).

Satres Narkoba Polrestabes Surabaya saat ungkap 100 kg sabu berlogo pohon dan diguga satu jaringan Sabu dari Iran belum lama ini.

Sebelum memberikan pembinaan dan pembelajaran ke Satres Narkoba Polrestabes Surabaya, DEA menyematkan diri mengunjungi Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Jhonny Edison Isir. Tak hanya berdiskusi terkait perkembangan dunia penyalahgunaan narkotika, DEA juga menyerahkan cinderamata ke Kapolrestabes.

“DEA menemui pimpinan kaitan keseriusan menumpas narkoba di wilayah Surabaya dan sekitarnnya. Karena ‘Kota Pahlawan’adalah kota besar yang disasar para gembong narkoba,” tegasnya.

Sementara itu, menurut informasi yang diperoleh beritajatim.com, DEA juga sempat memberikan kelas khusus ke tim khusus Satres Narkoba. Tim khusus yang terdiri dari tiga unit ini dipilih untuk melakukan penyelidikan, pengejaran, dan penangkapan gembong narkoba.

Seperti penangkapan gembong narkiba yang ditembak mati belum lama ini. Pelaku yang merupakan orang kedua tepat dibawah bos besar pengedar obat haram ini memiliki dua wilayah narkoba. Yakni Surabaya dan Semarang Jawa Tengah.(man/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar