Peristiwa

Tiga Rumah di Bojonegoro Ludes Terbakar

Bojonegoro (beritajatim.com) – Sebanyak tiga rumah warga di Kabupaten Bojonegoro ludes terbakar. Kebakaran diduga dari konsleting listrik, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kebakaran terjadi, pada Jumat (9/4/2021) sekitar pukul 02.15 WIB.

Kebakaran menghanguskan rumah milik pensiunan pegawai Perhutani, Edi Purnomo (34), Sigit Tranggono (65), dan rumah Sujiatno (60) di Perum Perhutani, Desa Sukorejo RT 035 RW 007, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Menurut Kapolsek Bojonegoro Kota, Komisaris Polisi (Kompol) Hariadi Agus Wahono, kebakaran atau sumber api diduga berasal dari konsleting listrik di rumah milik Edi Purnomo yang kemudian membesar dan menjalar ke rumah milik Sigit Tranggono dan Sujiatno yang lokasinya berdekatan.

“Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka dalam kejadian tersebut, sementara total kerugian materia ditaksir mencapai Rp505 juta,” ujarnya, Jumat (9/4/2021).

Menurutnya, berdasarkan keterangan saksi-saksi bahwa kronologi kejadian tersebut bermula pada Jumat (9/4/2021) sekitar pukul 02.15 WIB, warga setempat melihat ada kepulan asap dari rumah milik Edi Purnomo, yang saat itu dalam keadaan kosong karena pemiliknya sedang berada di luar kota.

“Saat itu api semakin membesar dan membakar seluruh bagian rumah milik Edi Purnomo, kobaran api merambat ke rumah milik Sigit Tranggono dan Sujiatno, yang berlokasi di belakang rumah Edi Purnomo,” kata Kompol Hariadi Agus Wahono.

Setelah datang mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro, akhirnya api dapat dipadamkan. Api benar-benar padamkan sekitar pukul 04.00 WIB. Api dengan cepat membakar rumah karena masih menggunakan dinding kayu.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pemadaman dan Penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Adi Winarto menjelaskan bahwa kebakaran diperkirakan mulai terjadi pukul 02.05 WIB. Dinas Damkar menerima laporan pukul 02.24 WIB.

Setelah menerima laporan, pihaknya segera mengirimkan tiga unit mobil pemadam kebakaran dan dibantu satu unit water supplay dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, dengan kekuatan 15 orang personel. “Api dapat dipadamkan sekitar satu setengah jam,” kata Adi Winarto. [lus/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar