Peristiwa

Peringati Pertempuran Surabaya 10 November

Tibanya Pasukan Inggris di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Tibanya pasukan Inggris di Surabaya pada pertempuran 10 November tidak memaksa langkah arek-arek Surabaya mundur. Justru hal tersebut menambah pelecut kemenangan dalam kemerdekaan Indonesia.

Ini tergambar saat aksi pasukan indonesia melawan pasukan Jepang dan Inggris dalam drama teatrikal pertempuran 10 November di Surabaya berlangsung dengan meriah di Tugu Pahlawan, kota Surabaya, Minggu (10/3).

Acara yang berlangsung di area lapangan Tugu Pahlawan kota Surabaya ini adalah hasil kolaborasi dari komunitas roternbugh dan beberapa gabungan pelajar Surabaya. Dalam drama teatrikal tersebut, diceritakan pertempuran 10 November yang dulu pernah terjadi di Kota Surabaya, tepatnya pada tahun 1945. Saat itu masyarakat indonesia, khususnya warga Surabaya berjuang melawan penjajah dari Jepang dan sekutu Inggris.

Menurut anggota komunitas Roternbugh, Satrio menuturkan bahwa drama teatrikal ini sudah rutin diadakan. Dalam setahun bisa mencapai 22 kali gelaran sedangkan yang mengadakan tentu dari komunitas-komunitas yang berbeda-beda.

Satrio juga menambahkan bahwa komunitas Roternbugh ini sudah hadir sejak tahun 2010. Gelaran seperti ini atau drama teatrikal pertempuran Surabaya sendiri tidak hanya digelar di area Tugu Lapangan. Agenda rutin ini biasanya pada beberapa waktu justru dihelat di sepanjang jalan protokol Surabaya. Utamanya saat menjelang Hari Ulang Tahun kota Pahlawan. [juf/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar