Peristiwa

Tiang Listrik Roboh, Aliran Listrik Padam Selama 12 Jam Lebih

Tuban (beritajatim.com) – Sebuah tiang listrik bertegangan tinggi yang berada di simpang empat Ringroad, Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban mengalami ambruk setelah tali seling penahannya tersangkut kendaraan truk trailer pengangkut alat berat yang melintas di jalan Ring Road itu, Selasa (1/6/2021) malam.

Beruntung saat tiang listrik yang terdapat travo dan juga kabel bertegangan tinggi tersebut tumbang melintang di jalan raya itu tidak sampai terdapat kendaraan yang melintas. Akibat kejadian itu, hingga sampai dengan saat ini aliran listrik di beberapa desa yang ada di wilayah Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban masih mengalami padam.

Dari informasi yang dihimpun beritajatim.com di lapangan, robohnya tiang listrik dengan kabel bertegangan tinggi di pinggir jalur Ring Road Tuban itu terjadi pada hari Selasa sekitar pukul 22.00 Wib. Yang mana saat itu terdapat kendaraan truk trailer yang membawa alat berat proyek melintas masuk ke jalur ring road tersebut.

Pada saat berjalan dari barat dan masuk ke timur itu, diduga bagian dari kendaraan truk trailer pengangkut alat berat tersebut kemudian menyangkut tali seling yang digunakan menahan ting listrik tersebut. Sehingga tali selingnya putus dan membuat tiang listrik tersebut roboh ke arah barat.

“Sudah tadi malam sejak sekitar pukul sepuluh malam. Waktu itu kendaraannya yang membawa alat berat katanya bannya nyangkut tali seling lalu tiangnya roboh itu. Robohnya ke jalan,” terang Abdullah, salah satu warga yang ada di sekitar lokasi kejadian itu.

Keberadaan tiang listrik dengan kabel bertegangan tinggil itu melintang di tengah jalan dari arah Bektiharjo ke arah Kota Tuban itu. Sedangkan untuk kabelnya melintang di tengah jalan jalur ring road dan membuat arus lalu lintas kendaraan terganggu karena kejadian itu.

“Listriknya langsung mati semua daerah sini. Sampai dengan pagi ini juga masih belum menyala. Ini air PDAM yang dari sumber Bektiharjo juga ikut mati,” ungkap Yono, pemuda asal Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Tuban.

Sementara itu, untuk saat ini proses perbaikan untuk tiang listrik yang roboh itu masih dilakukan oleh pihak PLN dan material tiang yang melintang di jalan sudah dibersihkan. Sedangkan untuk dampaknya sedikitnya ada 6 Desa yang mengalami pemadaman hingga lebih dari 12 jam.

“Memang benar terjadi peristiwa tiang listrik yang roboh, diduga karena tersangkut kendaraan truk trailer yang membawa alat berat. Saat ini masih dalam proses perbaikan,” ungkap IPTU Carito, Kapolsek Semanding, Polres Tuban saat dikonfirmasi terkait kejadian itu.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar