Peristiwa

Terungkap, Pembuang Bayi ke Sungai Itu Ternyata…

Foto ilustrasi

Jember (beritajatim.com) – Polisi akhirnya berhasil mengungkap identitas pelaku pembuangan mayat bayi ke sungai, di Dusun Gluduk, Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pelaku langsung dibawa ke psikater.

Kepala Kepolisian Sektor Panti Ajun Komisaris Gunawan Triono mengatakan, pembuang bayi itu ditemukan setelah polisi bekerjasama dengan bidan persalinan untuk mengecek warga setempat yang baru melahirkan. “Waktu lahir bayi itu sudah meninggal. Maka itu, kenapa kok kalau sudah mati kok tidak dikubur, kok malah dibuang,” katanya, Senin (18/5/2020).

Perempuan berusia 27 tahun itu berstatus janda dan berinisial SM. Dia tinggal dengan ibunya yang bekerja sebagai dukun bayi, dan sebenarnya sudah punya anak berusia tujuh tahun dari suami terdahulu.

Bayi yang dibuang itu hasil hubungan gelap SM dengan lelaki di luar pernikahan. “Katanya sama teman kakaknya di Surabaya. Tapi kami masih melakukan penyelidikan,” kata Gunawan.

SM diduga agak kurang waras. “Begitu ditangkap langsung kami bawa ke psikiater. Memang begitulah orangnya, ada gangguan jiwa. Kadang dia ketawa-ketawa,” kata Gunawan.

SM tidak ditahan, karena ancaman hukumannya sembilan bulan penjara. “Dia wajib lapor setiap Senin dan Kamis. Proses hukum kami lanjutkan,” kata Gunawan.

Mayat bayi itu ditemukan warga pada Kamis (14/5/2020). Bayi itu memiliki panjang 48 centimeter dan berat 1,1 kilogram. \Gunawan Triono mengatakan, berdasarkan visum, bayi tersebut diperkirakan sudah tiga hingga empat hari di sungai. “Jadi perutnya tidak kembung,” katanya.

Kemungkinan bayi tersebut dibuang saat masih hidup. “Ari-arinya digunting tidak rata, menurut keterangan dari bidan,” kata Gunawan. Mayat bayi itu dibawa ke RS Daerah dr. Soebandi. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar