Peristiwa

Ternyata Ada Tempat Salat bagi Muslim di Gereja Ini

Surabaya (beritajatim.com) – Ada yang menarik di antara jemaah umat beragama Katolik yang tengah misa malam natal di Gereja Paroki Hati Kudus Yesus, Katerdal Surabaya, Selasa (24/12/2019).

Di jam yang sama pukul 18.00, para jemaah paroki Hati Kudus dan para petugas keamanan yang berjaga menjalankan ibadah salat magrib bersama di dalam area Gereja. Pihak paroki Gereja memang menyediakan ruang ibadah khusus untuk para petugas keamanan yang berjaga untuk menjalankan ibadah salat.

Salah satu anggota keamanan Gereja Paroki Hati Kudus, Willy Irawan yang sempat salat berjamaah dengan petugas keamanan di dalam gereja mengatakan jika beribadah bersama seperti ini menyejukkan hati. Ini memunculkan jika meski berbeda tetap satu, karena dari berbeda itu antar umat beragama saling menghargai.

“Saya juga kaget disediakan tempag ibadah salat di dalam gereja dan bersamaan dengan misa malam natal pukul 18.00. Menyejukkan hati melihat seperti ini jadi kita saling menghargai nilai prularisme,” ungkapnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan jika interaksi yang dilakukan terespon dengan baik, salah satunya diberi fasilitas tempat salat di gereja Hati Kudus ini.

“Kami jajaran forkompimda ada DPRD, Kapolda, Pangdam, Pangkoarmada 2, juga MUI jatim. Jersama sama kita bersapa. Artinya persaudaraan kita bangun untuk bisa menjadi pondasi bagaimana kebangsaan kita rajut. Pada posisi ketika kami hadir luar biasa, kami diberikan tempat salat maghrib di sini,” ucap Gubernur Jatim disela kunjungan beberapa gereja di Kota Surabaya.

Lebih lanjut dikatakan Khofifah, adanya interaksi seperti ini muncul understanding, trust, dan respect, yang nantinya menjadi bagian penting menjalin persaudaraan substansif. [way/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar