Peristiwa

Terminal Jajag Digelontor Bantuan Sembako dan Masker

Banyuwangi (beritajatim.com) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi kembali membagikan sembako hasil dari donasi yang dikumpulkan di posko gugus tugas.

Puluhan paket sembako dibagikan kepada tukang becak, sopir angkot, dan warga yang terdampak covid-19 di sekitar areal terminal Jajag, Kecamatan Gambiran.

“Kali ini kita bagikan 50 paket sembako hasil gotong royong ASN Banyuwangi juga dari dermawan lain yang dikumpulkan di posko. Isinya ada 10 kg beras, 10 bungkus mie instan, dan 2 liter minyak goreng. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban saudara kita yang terdampak,” kata Sekretaris Daerah Banyuwangi, Mujiono saat membagikan sembako di Terminal Jajag -Gambiran, Banyuwangi, Selasa (28/4/2020).

Selain membagikan sembako, Mujiono juga membagikan masker kain secara gratis kepada masyarakat. Ada ribuan masker didistribusikan, yang dilakukan secara serentak di wilayah selatan dan utara Banyuwangi.

Para anggota gugus berkeliling masuk ke dalam bus yang sedang parkir di terminal, mendatangi sopir bus, penumpang, dan tukang becak. Juga para pedagang, pengunjung pasar, dan juru parkir di kawasan itu yang terlihat belum menggunakan masker.

“Ini maskernya dipakai ya. Bapak Ibu kan tiap hari ketemu banyak orang, jangan lupa selalu pakai masker kalau ke luar rumah biar gak tertular virus corona,” kata Mujiono, saat membagi masker kepada seorang sopir bus.

Mujiono menegaskan, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan gugus tugas Banyuwangi secara berkala hingga covid-19 mereda. Masker yang dibagikan ini adalah donasi dari berbagai pihak yang diserahkan kepada gugus tugas.

“Pemkab Banyuwangi juga sudah memesan satu juta masker kepada para penjahit Banyuwangi. Dalam tiga hari ini akan siap separuhnya, atau 500.000 masker untuk segera dibagikan kepada warga,” kata Mujiono.

Tak hanya membagi masker, kata Mujiono, sosialisasi di berbagai media juga terus digencarkan untuk menekan penyebaran covid-19. Bahkan, imbauan menggunakan mobil keliling juga diintensifkan.

“Petugas kita bergerilya pagi, siang, dan malam untuk mengingatkan masyarakat pentingnya penerapan SOP pencegahan covid-19. Semoga dengan ihtiyar ini kita bisa segera melewati pandemi virus corona” kata Mujiono.

Sementara itu, pembagian masker juga dilakukan di wilayah utara dilakukan di pasar dan check point Wongsorejo, dipimpin langsung Asisten Administrasi Banyuwangi, Choiril Ustadi.

“Sasaranya sama, pedagang pasar dan masyarakat yang belum menggunakan masker. Tak hanya membagi masker, kita juga imbau mereka pentingnya menggunakan masker saat di luar rumah,” ujar Ustadi. [rin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar