Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Terjunkan Alat Berat, Petugas Bersihkan Longsoran Tebing di Pacet Mojokerto

Alat berat didatangkan ke lokasi longsor di Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. [Foto : ist]

Mojokerto (beritajatim.com) – Pasca longsor yang terjadi di Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, alat berat diterjunkan ke lokasi untuk mempercepat evakuasi. Pembersihan longsoran tebing langsung dilakukan, Kamis (10/3/2022) malam.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Joko Supangkat mengatakan, longsor yang terjadi di jalan penghubung Kecamatan Pacet dan Kecamatan Trawas terjadi sekira pukul 20.45 WIB.

“Tebing setinggi kurang lebih 7 meter dan lebar kurang lebih 5 meter longsor. Longsoran berupa bebatuan, tanah dan rumpun bambu tersebut menutup akses jalan Pacet-Trawas dengan ketebalan di jalan kurang lebih 60 cm,” ungkapnya.


Masih kata Joko, wilayah Kabupaten Mojokerto masih berpotensi hujan sedang hingga tinggi. Di wilayah Kecamatan Pacet hujan terjadi dengan durasi sekitar lima jam tersebut menyebabkan tanah di jalan poros Desa Claket labil dan mudah longsor.

“Berdasarkan keterangan saksi warga yang melintas di lokasi kejadian, longsor terjadi sekira pukul 20.45 WIB. Longsoran itu menutup akses jalan poros penghubung Pacet-Trawas-Trawas. Namun masih ada akses atau jalan lain yang bisa dilewati kendaraan roda dua maupun empat,” ujarnya.

Yakni tepat di atas tebing yang longsor. Pasca longsor terjadi, evakuasi secara manual dengan alat seadanya dilakukan petugas dibantu warga sekitar. Pihaknya juga langsung berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mojokerto.

“Beruntung saat kejadian tidak ada kendaraan yang lewat sehingga tidak ada korban jiwa. Evaluasi secara manual dilakukan dan jalan diamankan oleh pihak jajaran Polsek Pacet sembari menunggu alat berat dari Dinas PUPR tiba di lokasi,” katanya.

Joko menambahkan, sekira pukul 23.30 WIB, alat berat tiba di lokasi longsor. Petugas langsung melakukan pembersihan puing longsor berupa bebatuan, tanah dan rumpun bambu dari jalur wisata Pacet-Trawas tersebut.

“Malam ini (pembersihan longsor, red). Alat berat sudah tiba di lokasi, kami datangkan alat berat untuk mempercepat evakuasi malam ini. Sehingga jalan penghubung dua kecamatan ini bisa kembali dilalui kendaraan, besok,” tuturnya. [tin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar