Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Tenang Di Masa Pandemi, Lewat Transaksi Digital BNI

Malang (beritajatim.com) – Pandemi belum berakhir, hal ini membuat PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) terus mengoptimalkan layanan melalui BNI Mobile Banking yang menjadi champion services dalam transformasi digital yang digaungkan Bank Indonesia (BI).

Menurut data tahun 2021, jumlah pengguna BNI Mobile Banking telah mencapai lebih dari 10,8 juta pengguna atau meningkat sebesar 39% dibandingkan tahun 2020. Pertumbuhan jumlah user tersebut didorong oleh penambahan berbagai fitur terbaru yang semakin memperkaya layanan BNI Mobile Banking.

“Salah satu fitur terbarunya adalah BI Fast.  BI Fast yang diinisiasi oleh Bank Indonesia merupakan fitur transfer antar bank dengan biaya lebih efisien yaitu Rp 2.500 per transaksi,” ungkap  Pemimpin Wilayah Malang (Wilayah 18 BNI), Beby Lolita Indriani, Rabu (19/1/2022).

Sebelumnya, fitur transaksi menggunakan (QR Code Indonesian Standard) pun telah menjadi pilihan bertransaksi masyarakat melalui BNI Mobile Banking.

“Tidak hanya digunakan pada merchant – merchant besar, implementasi QRIS juga sudah dapat dipakai di warung – warung kecil, hingga membuat transksi cashless menjadi semakin mengasyikan,” bebernya.

Untuk masyarakat yang berada di lokasi yang jauh dari Cabang Bank, BNI telah memperluas cakupan layanan Agen46 yang merupakan perpanjangan tangan dari BNI untuk melayani transaksi perbankan sederhana seperti pembukaan rekening, setor tunai, tarik tunai, pembelian pulsa atau voucher, dan pembayaran berbagai macam tagihan. Saat ini BNI Agen46 telah tersebar di seluruh wilayah di Indonesia dengan jumlah agen lebih dari 157 ribu.

Bahkan bagi pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dan start up yang tengah berusaha membangun bisnisnya, BNI pun tangguh dalam pelayanan digital khusus korporasi. Terdapat dua Champion Services di segmen korporasinya, yaitu BNI Direct dan BNI API Open Banking. 

“Tidak hanya itu, BNI juga fokus pada penguatan digital platform yang ada. Selain BNI Mobile Banking, penguatan juga dilakukan pada Digital Account Opening, Digital Loan for Consumer, Voice Command Virtual Assistant, Digital Loan for MSME, Financial Supply Chain Management, hingga Online Bank Guarantee,” terangnya.

Layanan Internasional

BNI juga telah menerima mandat dari Kementerian BUMN untuk menjadi bank Internasional asal Indonesia. Kinerja layanan internasional BNI juga memberikan kontribusi signifikan bagi Perseroan dengan didukung berbagai platform digital BNI, baik BNI Direct hingga BNI Mobile Banking yang memudahkan akses bagi nasabah untuk melakukan transaksi, terutama international remittance dan trade finance. BNI memperkuat kolaborasi dengan partner luar negeri, seperti dengan 1.400 bank koresponden di seluruh dunia dan lebih dari 100 mitra remitansi non-bank.

Berbagai inovasi digital sudah dilakukan BNI dalam menjalankan bisnis ini seperti merilis fitur/layanan International Remittance di BNI Direct dan  BNI Mobile Banking. BNI juga melengkapi fitur tracking menggunakan teknologi SWIFT GPI yang memungkinkan nasabah mengetahui status transfer secara realtime. Saat ini BNI telah bekerjasama dengan lebih dari 100 partner non-bank. Beberapa di antaranya telah meng-upgrade bisnis modelnya ke arah fintech seperti  Ria Money dan PayPal.

Seluruh layanan berbasis digital tersebut diatas tidak hanya memberikan kemudahan transaksi perbankan. Hal itu juga memastikan bahwa layanan BNI dapat dinikmati tanpa khawatir karena sesuai dengan protokol Kesehatan. Layanan digital tersebut juga menjaga keamanan dan kenyamanan Nasabah dalam melakukan transaksi.[rea]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar