Peristiwa

Temuan Kerangka Manusia di Situs Kumitir, BPCB Jawa Timur Datangkan Tim Ahli

Tim BPCB Jawa Timur di lokasi penemuan kerangka manusia di Situs Kumitir.

Mojokerto (beritajatim.com) – Terkait temuan kerangka manusia di Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur mendatangkan tim ahli dari Museum dan Pusat Kajian Etnografi Universitas Airlangga (Unair) Kota Surabaya.

Arkeolog BPCB Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, terkait penemuan kerangka manusia di Situs Kumitir, BPCB Jawa Timur telah mengundang Tim Ahli dari Museum dan Pusat Kajian Etnografi Unair Kota Surabaya untuk mengidentifikasi kerangka tersebut.

“Sekali lagi, kita mengundang ahlinya. Apakah ini makan baru atau apakah ini satu konteks dengan temuan di sektor ABC Situs Kumitir. Itu nanti beliau yang akan menjawab, mencoba mengidentifikasi,” ungkapnya saat ditemui di Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jumat (12/3/2021).

Tim BPCB Jawa Timur di lokasi penemuan kerangka manusia di Situs Kumitir.

Masih kata Wicak (sapaan akrab, red), dari tim ahli tersebut akan diketahui apakah kerangka manusia tersebut satu gabungan dengan pemakaman umum Desa Kumitir yang berada di timur sektor ABC Situs Kumitir atau seperti dugaan awal. Yakni kerangka lama.

“Nanti akan ketahuan apakah ini seperti dugaan awal atau ini satu gabungan dengan makam desa. Itu kan dugaan kita (kerangka lama), nanti biar ahlinya yang akan menjawab,” katanya.

Sebelumnya, kerangka manusia ditemukan saat petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur ekskavasi Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Kerangka tersebut ditemukan di kedalaman 60 cm di sektor C. [tin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk