Peristiwa

Temuan Arca Ganesha di Lokasi Galian Saptic Tank Kediri dari Abad X – XII

Kediri (beritajatim.com) — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri langsung menindaklanjuti temuan arca ganesa dan struktur batu bata kuno di lokasi pembangunan rumah milik Nur Syamsu, Desa Krenceng, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Disbudpar melakukan koodinasi dengan Muspika setempat untuk melakukan langkah awal pengamanan benda temuan.

“Kita sudah koordinasi dengan Camat, Lurah, Kasun. Benda temuan itu diamankan dulu. Dari Muspika dipasang police line,” ujar Eko Priatno, selaku Kasi Museum Dan Purbakala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri, Senin (17/7/2019).

Arca berbentuk Dewa Ganesha yang ditemukan ini memiliki ukuran tinggi 33 centimeter (cm) lebar 19 cm dan tebal 13 cm. Arca ditemukan pada kedalaman tanah 1 meter 40 cm dengan susunan di bawah struktur batu bata kuno berukuran besar.

Eko Priatno memastikan, keaslian dari arca temuan itu itu secara fisik. “Dari atributnya, sekitar abad X-XII era Kerajaan Kahuripan sampai Kerajaan Kediri,” beber Eko ditemui di kantornya.

Masih kata Eko Priatno, pihaknya belum dapat mengetahui bentuk bangunan dari struktur batu bata kuno dan Arca Ganesha temuan. Termasuk, ada dan tidaknya bagian lain yang masih terpendam di dalam tanah.

“Kita belum bisa menebak-nebak karena di dalam tanah. Maka dibutuhkan ground cek di lokasi. Kebetulan lokasinya itu adalah rumah dalam tahap pondasi. Sebaiknya segera melakukan ground cek, karena kasihan dengan yang punya rumah,” beber Eko.

Setelah dilakukan ground cek, Disbudpar Kabupaten Kediri akan melihat hasilnya terlebih dahulu. Apakah lokasi bangunan tersebut luas ataukah hanya sempit di sekitar galian tanah untuk resapan saptic tank itu.

“Akan kita lihat dulu hasil dari ground ceknya. Kalau hasilnya luas, akan disampaikan ke pimpinan terlebih dulu, untuk menentukan apakah segera dibuka atau bagaimana,” tutup Eko.

Sebelumnya, sebuah arca berbentuk ganesha atau gajah dan struktur batu bata kuno ditemukan warga Desa Krenceng, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri saat menggali tanah untuk saptic tank. Temuan benda purbakala ini kini menjadi perhatian warga sekitar untuk datang melihat langsung. [nng/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar