Peristiwa

Tebing Sungai Bengawan Solo Dekat Jembatan Kalikethek Longsor

Bojonegoro (beritajatim.com) – Tebing Sungai Bengawan Solo di Desa Banjarejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro longsor. Tebing sungai yang longsor itu tidak jauh dengan jembatan Kalikethek, penghubung Kabupaten Tuban dengan Bojonegoro.

Salah seorang warga sekitar, Partini mengatakan, longsor terjadi sekitar tiga minggu yang lalu. Saat itu hujan mengguyur wilayah sekitar dengan intensitas tinggi. Air yang seharusnya mengalir melalui anak sungai meluber hingga menyebabkan tebing longsor.

“Sungainya itu ternyata buntu, sehingga air meluber. Karena alirannya cukup deras sehingga terjadi longsor,” ujarnya, Sabtu (14/3/2020).

Tebing yang longsor itu panjangnya sekitar tujuh meter, dengan ketinggian antara 10 meter. Jarak antara titik longsor dengan jembatan penghubung antar kabupaten tersebut hanya sekitar 20 meter. “Itu sudah ada yang di plengseng secara darurat,” ungkapnya.

Longsor tersebut kondisinya membahayakan karena hampir mengenai jalan kampung. Petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Hidayat saat dihubungi belum memberikan keterangan. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar