Peristiwa

TDB PMI Pamekasan Bersama Alumni SMPN 1 Bagikan Air Gratis

Pamekasan (beritajatim.com) – Tim Tanggap Darurat Bencana (TDB) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, kembali mendistribusikan air bersih gratis bagi masyarakat terdampak kekeringan akibat kemarau yang melanda Bumi Gerbang Salam, sejak beberapa bulan terakhir.

Kali ini mereka bekerjasama dengan Alumni 90 SMP Negeri 1 Pamekasan, distribusi air bersih gratis tersebut dibagikan di wilayah Kadur, tepatnya di Dusun Perreng, Desa Pamoroh, Kecamatan Kadur, Pamekasan, Sabtu (16/11/2019) siang.

“Untuk hari ini, kami kembali melakukan pendistribusian air bersih gratis bagi masyarakat terdampak kekeringan seperti yang kami lakukan sebelumnya. Kali ini bekerjasama dengan Alumni SMPN 1 Pamekasan,” kata Wakil Kepala Markas PMI Pamekasan, Yulianto Priyanto.

Diakuinya, selama ini pihaknya mendistribusikan air bersih gratis di enam kecamatan berbeda di Pamekasan. Masing-masing Kecamatan Galis, Larangan, Pademawu, Pagantenan, Palengaan dan Tlanakan. “Jadi kali ini sasaran kita bertambah dan masuk ke wilayah Kadur,” ungkapnya.

“Hal ini kami lakukan bukan tanpa alasan, sebab masyarakat di Desa Pamoroh, Kadur, sangat membutuhkan air bersih. Hal itu tidak lepas dari permintaan masyarakat yang dilanjutkan kepada salah satu perwakilan alumni SMPN 1 Pamekasan,” jelasnya.

Sebelumnya dari lima kecamatan yang kita jadikan titik pendistribusian, meliputi sebanyak 41 dusun di 22 desa berbeda yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau tahun ini. Bahkan hingga Oktober 2019 lalu, kita sudah mendistribusikan sebanyak 190 tangki air bersih gratis bagi masyarakat.

Seyogyanya TDB PMI Pamekasan hanya memprioritaskan pada lima kecamatan berbeda yang terdampak kekeringan, namun karena banyaknya permintaan akhirnya mereka menambah wilayah pendistribusian ke kecamatan Pagantenan.

Sementara dari total 13 kecamatan berbeda di Pamekasan, tercatat hanya dua kecamatan berbeda yang dipastikan aman dari kekeringan. Masing-masing kecamagan Pakong dan Pamekasan (Kota), sedangkan 11 kecamatan lainnya seluruhnya terdampak kekeringan akibat kemarau. [pin/ted] 

Apa Reaksi Anda?

Komentar