Peristiwa

Tawon Ndas Tewaskan Warga Tuban, Tim BPBD Tuban Musnahkan 2 Sarang

Tuban (beritajatim.com) – Setelah adanya laporan dari warga masyarakat terkait dengan adanya Sarang Tawon Ndas di Desa Kenongosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban yang telah menyerang warga, tim Sar dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban langsung bergerak turun ke lapangan.

Petugas BPBD Tuban memusnahkan dua sarang Tawon Ndas yang membuat resah dan khawatir warga masyarakat setempat. Pemusnahan dilakukan lantaran keberadaan Tawon Ndas itu berada di dekat pemukiman warga telah menyerang seorang petani warga setempat hingga meninggal dunia, Selasa (26/11/2019).

Pantauan beritajatim.com di lapangan, pemusnahan sarang Tawon Ndas itu dilakukan oleh beberapa tim BPBD Tuban dengan cara dibakar. Petugas telah membuat alat yang telah dimodifikasi sendiri untuk bisa menjangkau sarang Tawon Ndas yang ada di pucuk pohon Bambu belakang rumah warga itu.

“Berdasarkan laporan awal hanya ada satu titik sarang Tawon Ndas di sini, tapi setelah sampai di sini ada lagi warga yang melaporkan. Jadi ada dua titik Sarang yang kita lakukan penanganan,” terang M Taufiq, Kasi Kedaruratan BPBD Tuban saat berada di lokasi.

Dalam proses pemusnahan sarang Tawon Ndas itu, tim sempat kesulitan lantaran ratusan tawon itu telah keluar dari sarangnya. Sehingga tawon-tawon itu sempat mengejar petugas yang akan memusnahkan sarang tawon tersebut dengan cara dilakukan pembakaran.

“Perlu diingat, ini kita lakukan pembakaran setelah ada laporan dari warga masyarakat. Ada satu warga bernama Japar yang meninggal dunia setelah disengat Tawon Ndas ini,” tambahnya.

Proses pemusnahan keberadaan Tawon Ndas berlangsung sekitar satu jam. Sarang Tawon Ndas yang berukuran sangat besar itu akhirnya berhasil dibakar berserta dengan ribuan tawon yang ada di dalamnya.

“Kami mengimbau kepada warga masyarakat jika memang ada Sarang Tawon Ndas di lingkungannya bisa melaporkan kepada kami dan kami akan melakukan penanganan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya kemarin, Japar (61), seorang petani asal Desa Kenongosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban meninggal dunia setelah diserang dan disengat ratusan Lebah atau Tawon Ndas. Korban mengalami ratusan bekas luka sengatan dari Tawon Ndas yang menyerangnya itu. [mut/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar