Peristiwa

Tanpa Bantuan Pemerintah, Warga Sampang Bangun Jalan Penghubung Antardesa

Warga bergotong-royong melakukan perbaikan dan pelebaran jalan raya penghubung Desa Kemuning dan Desa Petapan, Sampang

Sampang (beritajatim.com) – Guna membangun infrastruktur berupa jalan raya yang menghubungkan antara Desa Kemuning, Kecamatan Sampang dengan Desa Patapan, Kecamatan Torjun, belasan warga urunan membeli material untuk memperbaiki jalan tersebut.

Upaya itu dilakukan tanpa mengadalkan bantuan keuangan dari pemerintah. Bahkan, warga dengan suka rela menghibahkan tanahnya untuk pelebaran jalan tanpa mendapat ganti rugi dari pembebasan lahan. Tak tanggung-tanggung, panjang jalan yang diperlebar dan diperbaiki tersebut mencapai sekitar 1,7 km.

Sehingga mereka menyulap jalan setapak yang sebelumnya hanya cukup dilalui oleh kendaraan roda dua, kini menjadi lebih lebar hingga mampu dilewati kendaraan roda empat. “Jalan ini sengaja kami bangun dan diperlebar. Alhamdulilah warga sangat antusias karena memiliki rasa kebersamaan untuk membangun Sampang tanpa harus mengandalkan uang negara,” kata Heri, warga setempat, Kamis (19/11/2020).

Di tempat yang sama, menurut Umar warga lainya, selama ini dana yang digunakan untuk membuat jalan tersebut berasal dari swadaya masyarakat. Juga warga perantauan yang ada di Jakarta, Surabaya, serta para simpatisan yang ikut berperan aktif.

“Ternyata tanpa bantuan pemerintah, kami juga bisa. Warga memiliki kesadaran. Bahkan warga yang merantau di Jakarta dan Surabaya ketika mendengar adanya kegiatan kami ini, mereka juga ikut menyumbang,” tegasnya.

Hingga saat ini, proses pelebaran dan perbaikan jalan penghubung antara Desa Kemuning dan Desa Petapan masih berlangsung. Umar dan Heri selaku koordinator perbaikan jalan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang perduli dan menyumbang materi dan tenaganya untuk bersama-sama membangun Kabupaten Sampang.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu proses perbaikan dan pelebaran jalan ini hingga sukses. Tidak terkecuali kepada para perantau yang peduli dengan infrastruktur di kampung halamannya,” tandasnya. [sar/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar