Peristiwa

Tanggul Kali Ingas Jebol, Petani Panen Padi Lebih Awal

Jajaran Pemkab Bojonegoro, TNI/Polri melakukan koordinasi perbaikan darurat tanggul Kali Apur Ingas di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Sejumlah petani terpaksa memanen padi lebih awal. Padi-padi itu seharusnya seminggu lagi baru siap panen. Namun, karena tanggul Kali Apur Ingas, Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, jebol sehingga air meluber ke persawahan dan mengakibatkan tanaman padi terendam.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto mengatakan, untuk meminimalisir dampak luapan Kali Apur Ingas agar tidak menggenangi persawahan warga yang seminggu lagi panen, Kodim 0813 Bojonegoro akan mengirimkan personel untuk membantu percepatan perbaikan tanggul kali.

“Kita lakukan upaya perbaikan tanggul hingga malam ini. Bersama warga masyarakat, kita kerjakan bergotong-royong,” ujarnya, Rabu (19/2/2020).

Sementara, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengatakan, terkait tergerusnya tanggul Kali Apur Ingas ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah melakukan cepat tanggap, bergotong-royong melakukan upaya perbaikan tanggul oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berkoordinasi dengan PU SDA dibantu Pemerintah Desa (Pemdes) dan TNI-Polri.

“Semoga dengan bergotong royong masalah ini dapat cepat teratasi, sehingga para petani dapat panen dengan hasil yang sesuai harapan,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Kabupaten Bojonegoro, Tejo Sukmono, mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan alat berat Excavator untuk perbaikan tanggul tersebut. “Kami telah menyiapkan Excavator, dan seribu karung untuk menutup tanggul kali yang tergerus air,” tandasnya.

Sekadar diketahui, jebolnya tanggul sungai Ingas sedikitnya mengancam sekitar 150 hektar lahan padi yang siap panen dalam waktu seminggu lagi. Untuk mengurangi kerugian, warga memanen lebih awal tanaman padinya. “Kalau sudah terendam air batang padi bisa membusuk,” ujar salah seorang petani, Rokim. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar