Peristiwa

Tanggul Jebol, Perumahan Cerme Prisma Land Terendam Banjir

Gresik (beritajatim.com) – Imbas tanggul jebol menyebabkan Perumahan Cerme Prisma Land yang berlokasi di Dusun Dalean, Desa Guranganyar, Kecamatan Cerme, Gresik, terendam banjir setinggi 150 cm. Perumahan Cerme Prisma Land yang dihuni sekitar 72 kepala keluarga (KK) dari 198 unit. Terpaksa harus dievakuasi ke tempat yang lebi aman.

Saat ini, tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, dibantu warga perumahan setempat sedang membuat selokan air darurat agar air cepat mengalir dan tidak menggenang.

Kepala BPBD Gresik Tarso Soegito membenarkan adanya luapan banjir tersebut yang menggenangi warga Perumahan Cerme Prisma Land. “Memang benar air mulai meluap setinggi 150 cm dan tim BPBD sedang mengevakuasi warga disana,” ujarnya, Jumat (3/01/2020).

Kepala Desa (Kades) Guranganyar, Andik Taufik menuturkan air yang meluap sebenarnya sudah sejak kemarin malam akibat dampak jebolnya tanggul di daerah Kecamatan Benjeng. “Saat ini kami mengerahkan warga bergotong-rotong membuat selokan agar air cepat meresap dan mengalir,” ungkapnya.

Dari pantauan di lapangan saat ini puluhan warga beserta tim BPBD Gresik masih bergotong-royong melakukan sudetan air serta membuat selokan sebagai antisipasi agar air tidak bertambah tinggi. BPBD Gresk juga mendirikan tenda logistik untuk menyiapkan keperluan warga perumahan setempat.

Sementara itu, Arifin (40) salah satu warga Perumahan Cerme Prisma Land menuturkan air semakin tinggi terjadi sore tadi. Sehingga, sebagai warga tidak keluar dan perlu dievakuasi. “Saya tadi barusan dievakuasi bersama istri. Pasalnya, air sudah setinggi paha,” tandasnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar