Peristiwa

Tanggul di Bantaran Sungai Bengawan Solo Ambles

Gresik (beritajatim.com)– Imbas menyurutnya air di Sungai Bengawan Solo, menyebabkan tanggul di Desa Padangbandung, Kecamatan Dukun, Gresik, ambles.

Beruntung amblesnya tanggul tersebut tidak ada korban jiwa. Pasalnya, tanggul tersebut lokasinya berada jauh dari pemukiman warga.

“Tanggul yang ambles kurang lebih, panjang 100 meter, lebar 3 meter dan kedalaman 1 meter,” kata Camat Dukun, Fattah Hadi, Minggu (29/09/2019).

Fattah menjelaskan, dugaan sementara penyebab utama amblesnya tanggul adalah air di bengawan solo kering. Sehingga, tidak kuat menahan tanggul dikarenakan adanya air dari luar tanggul yang meresap ke sungai mengakibatkan tanggul terkikis.

Mengenai amblenya tanggul itu, Fattah segera berkordinasi dengan pihak terkait. Sebab, kuatirnya saat musim hujan tiba. Terjadinya longsor akan lebih besar.

“Saya sudah berkordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR). Sebab, jika tidak segera ditangani tanggulnya kemungkinan besar hanyut karena terseret arus air,” imbuhnya. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar