Peristiwa

Tanduk, Prosesi Selamatan Pendirian Poskamling Program TMMD Bojonegoro

Warga bersama anggota Satgas TMMD Kodim 0813 Bojonegoro Melakukan Selamatan Tanduk

Bojonegoro (beritajatim.com) – Sejumlah warga bersama dengan anggota TNI Kodim 0813 Bojonegoro sedang duduk bersama melingkar. Dihadapan mereka sudah ada tumpeng berupa nasi dan ayam bakar utuh yang akan dimakan bersama setelah lantunan doa dipanjatkan.

Tradisi itu dilakukan sebagai bentuk slametan atau selamatan yang masih dipercaya oleh umat muslim khususnya yang menganut tradisi Jawa. Selamatan itu dilakukan sebelum mendirikan poskamling di RT 12 RW 06 Dusun Kramanan Desa Jatimulyo sebagai sasaran program TMMD ke 110 Kodim 0813 Bojonegoro.

“Tujuan utama dari slametan adalah mendapat keselamatan dan perlindungan dari Tuhan,” ujar Sesepuh Desa, Mbah Sarwan (68) yang memimpin doa, Senin (15/2/2021).

Sekadar diketahui, pembangunan Poskamling di RT 12 RW 06 Dusun Kramanan Desa Jatimulyo merupakan salah satu sasaran pembangunan program TMMD Kodim 0813. Sehingga diharapkan mendapat perlindungan dan keselamatan dari Sang Pencipta.

“Untuk mengawali pembangunan dilakukan prosesi bancaan menggunakan adat Jawa yang biasa disebut “tanduk”. Sesuai tradisi masyarakat lokal,” ujar Anggota Satgas TMMD Kodim 0813 Bojonegoro, Kopda Anang.

Setelah prosesi tanduk selesai, warga bersama dengan anggota Satgas TMMD Kodim 0813 Bojonegoro melakukan pengerjaan, mulai dari membuat kerangka balok dari kayu, menyusun, hingga berdiri bangunan.

Selain pembangunan Poskamling, beberapa sasaran pembangunan infrastruktur yang dilakukan dalam TMMD diantaranya pengaspalan jalan, rehab ruang kelas SD, normalisasi sungai, rehab rumah dalam program Aladin dan pembuatan saluran drainase.

Selain program pembangunan fisik juga terdapat beberapa program non fisik, baik itu berupa pelatihan, sosialisasi, penyuluhan, penyaluran bantuan sosial dan lain sebagainya. Program TMMD 2021 Kodim 0813 dilakukan di Desa Jatimulyo dan Ngrancang Kecamatan Tambakrejo. [lus/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar