Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Tanah Longsor Timpa Bangunan SD di Ngrayun Ponorogo

Tim Bhayangkara FC saat bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo

Ponorogo (beritajatim.com) – Bencana alam tanah longsor kembali menimpa Ponorogo. Kali ini terjadi di Desa Temon Kecamatan Ngrayun. Akibatnya, dinding gedung SDN III Temon jebol terkena guyuran material longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana tanah longsor tersebut. Namun, sejumlah peralatan sekolah yang ada di dalam gedung yang terdampak tertimbun material.

“Kejadiannya Jumat (3/12) kemarin sekitar pukul 13.00 WIB. Longsor menimpa diding gedung hingga menyebabkan ambrol,” kata
Kapolsek Ngrayun AKP Joko Santoso, Sabtu (4/12/2021) pagi.

Tanah yang longsor itu merupakan plengsengan setinggi 6 meter yang berada di samping gedung sekolah. Material batu plengsengan dan tanah setinggi 3 x 14 meter masuk dalam dua ruang kelas dan menimbun peralatan sekolah. Peralatan yang tertimbun anatara lain, bangku kelas dan kursi sebanyak 35 buah, kursi 1 buah, dan dinding permanen dengan tinggi 4 meter panjang 20 meter jebol. Hingga atas bangunan menjadi miring, otomatis dua ruang kelas itu sudah tidak bisa digunakan.

“Kerugian diperkirakan 1 gedung yang terdiri dari 2 ruang kelas beserta isinya, dan plengsengan setinggi 6 x 20 meter. Total kerugian sekitar Rp 200 juta,” katanya.

Dua ruang kelas di SDN III Temon yang rusak akibat tertimpa material tanah longsor. (Foto/Istimewa)

Kronologis kejadian bencana tanah longsor itu berawal saat Kamis (2/12) malam mulai hujan dengan intensitas tinggi hingga esok harinya hari Jumat (3/12). Nah, pada hari Jumat (3/12) pukul 13.00 tiba-tiba terjadi tanah longsor yang menimpa diding gedung hingga ambrol. Pada saat terjadi bencana, cuaca cerah. Sebelum kejadian, sebenarnya tidak ditemukan tanda-tanda tebing atau plensengan retak.

“Plengsengan yang ambrol ini dibuat pada tahun 2010 dengan dana swadaya masyarakat, sementara gedung sekolah yang jebol itu dibuat pada tahun 2011,” pungkasnya. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan