Peristiwa

Tambang Longsor, Alat Berat dan Operatornya Ikut Tertimbun

Tuban (beritajatim.com) – Peristiwa longsor terjadi di lokasi tambang batu kapur yang berada di Desa Pakis, Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban yang mengakibatkan satu alat berat berupa breaker ikut jatuh ke dasar tambang dari ketinggian belasan meter, Sabtu (25/1/2020).

Akibat kejadian itu membuat Abdul Ghofur (40) yang merupakan operator alat berat asal Desa Banyulegi, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto ikut tertimbun reruntuhan batu kapur yang mengalami longsor ke dasar tambang itu.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, peristiwa longsornya tambang batu kapur milik Munarto itu berawal saat Abdul Ghofur baru saja mulai mengoperasikan alat berat tersebut. Operator alat berat itu bergerak menuruni lokasi tambang yang ada segera dilakukan penambangan untuk diambil batunya.

“Dia itu baru saja turun, baru mau mulai bekerja. Alatnya baru turun dan putar arah, terus langsung longsor itu,” terang Suwarno, salah satu saksi mata yang berada di lokasi kejadian.

Lantaran tebing itu mengalami longsor membuat alat untuk pemecah batu kapur itu langsung ikut terjatuh ke dasar tambang beserta dengan operatornya. Sehingga membuat alat berat itu mengalami kerusakan parah dan korban Abdul Ghofur terjepit di dalam alat berat itu.

“Dari lokasi dia turun itu ada sekitar 15. Korbannya terjepit di dalam dan juga alatnya tertimpa batu,” tambahnya.

Mengetahui kejadian itu, sejumlah penambang dan juga warga lainnya langsung berusaha memberikan pertolongan pada operator alat berat yang kondisi terjepit itu dan melaporkan kejadian itu ke polisi. Proses evakuasi korban berjalan cukup lama lantaran harus menggunakan alat berat guna mengeluarkan korban yang terjebak di dalam alat berat itu.

“Satu korban yang merupakan operator alat berat meninggal dunia. Korban sudah berhasil dievakuasi dan langsung dibawa ke rumah sakit,” terang AKP Ali Kantha, Kapolsek Grabagan, Polres Tuban yang langsung terjun di TKP tersebut.

Sementara itu, petugas kepolisian dari jajaran Polres Tuban bersama dengan tin identifikasi Sat Reskrim Polres Tuban telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Petugas masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dan telah memasang police line di lokasi tambang yang longsor itu.[mut/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar