Peristiwa

Tambak Udang Illegal Ditutup, Mahasiswa Tuntut Pemilik Disanksi

Sumenep (beritajatim.com) – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Barisan Pemuda Pemerhati Masyarakat (BPPM) berunjuk rasa ke kantor Pemkab Sumenep, Kamis (11/4/2019). Aksi untuk kesekian kalinya itu masih menyoroti beroperasinya tambak udang illegal di Desa Pakandangan, Kecamatan Bluto.

“Tambak udang di Pakandangan memang sudah ditutup. Tapi kami masih mempertanyakan, itu ditutup permanen atau hanya sementara?. Kami khawatir hanya sementara,” kata salah seorang orator demo, Abdul Mahmud.

Pemkab Sumenep pada Rabu (10/4/2019) melakukan penutupan terhadap tambak udang di Desa Pakandangan, Kecamatan Bluto, karena tidak mengantongi ijin. Tambak udang tersebut dibangun sejak 2015. Penutupan tambak udang itu dilakukan Satpol PP bersama aparat kecamatan, kepolisian, dan TNI.

“Penutupan tambak udang ilegal itu bagi kami masih menyisakan kejanggalan. Bagaimana dengan reklamasi pantai yang sudah terlanjur dilakukan pengusaha? Apa sanksinya?” tandas Abdul.

Ia menilai tidak ada sanksi tegas dari Pemkab kepada pemilik tambak yang selama bertahun-tahun telah melakukan pelanggaran hukum.

“Melalui aksi ini, kami mendesak Pemkab untuk tidak sekedar menutup, tapi juga memberikan sanksi tegas terhadap pengusaha yang jelas-jelas sudah melanggar hukum selama bertahun-tahun,” ucapnya.

Ia juga meminta Pemkab mendesak pengusaha tambak untuk mengembalikan bibir pantai yang terlanjur direklamasi. Kerusakan yang ditimbulkan akibat beroperasinya tambak udang itu sudah cukup parah.

“Kami menolak tambak ilegal. Kami menolak reklamasi. Karena itu, pengusaha tambak wajib disanksi tegas dengan mengembalikan lagi lingkungan alam yang sudah dirusak,” tuntutnya.

Saat Pemkab melakukan penutupan, pemilik tambak tengah tidak berada di lokasi. Namun keluarga pemilik tambak mengaku sudah menerima keputusan penutupan tersebut.

Penutupan tambak udang itu ditandai dengan pemasangan banner bertuliskan: “Usaha tambak ini ditutup (dalam pengawasan tim)”. Selain itu, Pemkab juga melayangkan pemberitahuan kepada pemilik tambak terkait penutupan tambak itu. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar