Peristiwa

Tak Pakai Masker, Puluhan Warga Tuban Terjaring Razia

Tuban (beritajatim.com) – Petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tuban bersama denngan jajaran Polres Tuban, Dinas Perhubungan dan juga TNI melakukan razia penertiban para pengendara kendaraan bermotor yang tidak memakai masker, Selasa (14/7/2020).

Dalam razia yang dilakukan di sejumlah perempatan jalan raya di Kota Tuban itu petugas berhasil mengamankan puluhan pengendara yang kedapatan tidak memakai masker. Mereka yang terjaring razia dan tidak membawa KTP atau HP langsung dihukum menyapu di pinggir jalan raya.

Lokasi razia meliputi tiga titik perempatan yang ada di Kota Tuban. Yakni, di perempatan Kapur, perempatan Karang Waru dan juga perempatan Kembang Ijo, yang merupakan jalan tengah kota. “Kita terus melakukan penertiban. Kali ini kita melakukan penertiban dengan sasaran pengguna jalan atau pengendara motor maupun mobil yang tidak memakai masker,” terang Hery Muharwanto, Kepala Satpol PP Tuban.

Sejumlah pengendara yang tertangkap tangan dan terlihat tidak memakai masker saat keluar rumah tersebut ditangkap saat berhenti di lampu merah. Mereka kemudian didatangi petugas. Selanjutnya, dilakukan pendataan identitasnya.

Sedangkan barang bukti identitas yang bersangkutan diamankan sebagai sanksi yang kemudian harus diambil di kantor Satpol PP. “Ketika pelanggar tidak membawa KTP, maka HP yang kita amankan dan baru bisa diambil setelah tiga hari. Itupun mereka yang mengambil barang bukti harus membawa surat dari Kelurahan dan Camat,” tambahnya.

Dalam razia kali ini petugas berhasil mendapatkan puluhan barang bukti dari para pengendara yang tidak memakai masker. Adapun dari pelanggar yang tidak membawa KTP dan juga tidak membawa HP, langsung dihukum menyapu di pinggir jalan.

“Ini agar masyarakat bisa lebih tertib dengan protokol kesehatan. Nanti mereka yang tertangkap ini, ketika mengambil barang buktinya juga kita berlakukan hukuman sosial dengan ikut menyapu di jalan raya dan kita umumkan,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam razia tersebut selain menyisir para pengendara yang tidak memakai masker, petugas juga melakukan penindakan pengendara yang tidak memakai helm. Mereka yang melanggar aturan lalu lintas langsung ditindak oleh petugas Sat Lantas Polres Tuban, pasalnya terdapat pengendara yang memakai masker tapi tidak pakai helm. [mut/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar