Peristiwa

Operasi Yustisi di Jombang

Tak Pakai Masker, Pengunjung Kafe Kena Sanksi

Petugas gabungan melakukan operasi yustisi di salah satu kafe di Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Tim gabungan dari Polres Jombang, Satpol PP dan TNI menggelar operasi yustisi di sejumlah kafe dan warkop (warung kopi), Rabu (2/12/2020) malam. Hal itu sebagai langkah mendisiplinkan warga dalam mentaati protokol kesehatan.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Jombang AKP Hariyono mengatakan, sasaran dalam patroli tersebut adalah berkumpulnya masyarakat seperti kafe-kafe yang pengunjungnya tidak menggunakan masker atau tidak mematuhi protokol kesehatan.

Hariyono juga mengatakan bahwa patroli gabungan itu rangka penerapan Inpres No. 6 Tahun 2020 tentang Disiplin Protokol Kesehatan dan Perda Prov. Jatim No. 2 tahun 2020 serta Perbup No. 57 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam pencegahan dan penekanan serta pengendalian Covid-19.

Sedikitnya ada empat lokasi yang disasar dalam operasi tersebut. Yakni, warkop Rudeka yang berada di Jl H. Agus Salim Jombang. Di tempat itu ada pengunjung sekitar 20 orang. Polisi kemudian mengimbau agar seluruh pengunjung warkop mematuhi protokol kesehatan.

Selanjutnya, polisi bergeser ke Cafe Koohii Jl. Otto Iskandardinata. Di tempat tersebut ada 10 orang pengunjung. Lagi-lagi, petugas juga menyampaikan pentingnya prokes untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Kemudian di Kedai 81 Jl. Ki Hajar Dewantara Jombang. Di kedai tersebut terdapat 15 pengunjung. Dari jumlah itu ada 2 pengunjung yang tidak memakai masker. Mereka kita berikann tindakan di tempat,” ujarnya.

Terakhir, petigas gabungan mendatangi Caffe Alas yang berada di Jl. Dr. Setya Budi Jombang (Belakang Perhutani). Di lokasi tersebut pengunjung sekitar 10 orang. “Ada satu orang pengunjung yang mendapat sanksi di tempat karena tidak memakai masker. Operasi serupa akan terus kita lakukan,” pungkas Hariyono. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar