Peristiwa

Tak Dilepas Klub, Elkan Baggott Gagal Gabung Timnas Indonesia di Dubai

Jakarta – PSSI memastikan Elkan Baggott tak akan menyusul Timnas Indonesia ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Sang pemain tak mendapatkan izin dari klubnya karena alasan kesehatan.

Elkan pada awalnya menjadi satu dari total lima pemain Indonesia yang dijadwalkan menyusul ke Dubai. Lima pemain ini berkarier di luar negeri dan tak ikut Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia sejak awal Mei.

Empat pemain lainnya sudah lebih dulu menyusul Timnas Indonesia. Mereka adalah Ryuji Utomo, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, dan Witan Sulaeman. “Elkan Baggott tidak datang ke Dubai,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan.

“Klubnya masih sangat membutuhkan kehadiran Elkan di pertandingan berikutnya. Klubnya memandang bahwa di UEA masuk zona merah COVID-19,” ujarnya lagi.

Belum lama ini Elkan tampil memperkuat Ipswich Town U-18 di babak semifinal FA Youth Cup 2021. Dalam laga itu, Elkan Baggott bermain selama 90 menit.

Tapi Ipswich Town U-18 terhenti langkahnya di semifinal meski sempat unggul 1-0 terlebih dahulu. Mereka akhirnya kalah lantaran Liverpool U-18 bisa berbalik unggul 2-1, Kamis (13/5), dini hari WIB.

Tim pelatih Timnas Indonesia menyertakan Elkan Baggott untuk bermain di dua laga uji coba dan tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pasukan Garuda akan melawan Afghanistan pada 25 Mei dan Oman pada 29 Mei.

Lalu melawan Lalu Thailand Thailand (3 Juni), lalu Vietnam (7 Juni), dan terakhir UEA (11 Juni), dalam ajang Pra-Piala Dunia. Sementara FIFA Matchday zona Asia (AFC) jatuh pada 31 Mei-15 Juni.

Itu berarti hanya tiga laga Timnas Indonesia di Pra-Piala Dunia saja yang masuk dalam kalender FIFA. Sementara agenda uji coba Timnas Indonesia digelar di jeda internasional (zona Asia). [kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar