Peristiwa

Tak Ada Kapal Sebelum Pemilu, KPU Sumenep Carter Perahu ke Pulau Kangean

Sumenep (beritajatim.com) – KPU Sumenep terpaksa mencarter perahu khusus untuk mengirimkan logistik Pemilu 2019 ke Kecamatan Arjasa dan Kecamatan Kangayan, Pulau Kangean.

“Rencana awal untuk pendistribusian logistik ke Pulau Kangean dilakukan kemarin menggunakan kapal reguler. Tapi ternyata tidak memungkinkan,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Rabu (10/04/2019).

Ia memaparkan, pengiriman logistik ke Pulau Kangean menggunakan perahu tersendiri dengan sistem sewa tersebut rencananya akan dilakukan pada Kamis (11/04/2019) dari Pelabuhan Kalianget.

“Kami harus menyewa perahu sendiri di luar kapal regular, karena minggu ini sudah tidak ada lagi jadwal kapal ke Kangean. Sementara logistik harus segera didistribusikan karena ini wilayah kepulauan. Tidak mungkin logistik dikirim dalam waktu mepet dengan hari ‘H’ Pemilu,” papar Warits.

Lebih lanjut Warits mengatakan, pengiriman ke Pulau Kangean kemarin gagal dilakukan menggunakan kapal regular karena kapal sudah penuh, sehingga tidak ada tempat untuk logistik Pemilu.

“Selain itu, surat suara untuk dua kecamatan di Pulau Kangean ini juga belum lengkap. Karena itu kami memutuskan untuk menunda pengiriman hingga semua kekurangan logistik terpenuhi,” tandasnya.

Hingga saat ini, KPU Sumenep masih kekurangan surat suara sebanyak 78 ribu lembar lebih. Masing-masing daerah pemilihan kurang sekitar 2 ribu lembar surat suara untuk DPRD Kabupaten. Selain itu, surat suara juga masih kurang untuk DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD.

Jumlah DPT Sumenep pada Pemilu 2019 sebanyak 872.764 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 410.522 laki-laki dan 462.242 perempuan. Mereka nantinya akan menyalurkan suaranya di 4.315 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar