Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Tak Ada Angin, Pohon Beringin di Makam Kesambi Tuban Ambruk

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga yang tinggal di kawasan pinggir Makam Kesambi, Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dikagetkan dengan adanya pohon Beringin besar yang tiba-tiba tumbang sampai melintang menutup akses jalan raya.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian tumbangnya pohon Beringin yang sudah berusia puluhan tahun tersebut. Namun, tumbangnya pohon itu merobohkan sebagian tembok pagar makam dan sedikit menimpa teras rumah warga yang ada di pinggir jalan raya itu.

Dari informasi yang dihimpun beritajatim.com, sejumlah warga mengaku kaget mendengar suara keras dari tumbangnya pohon di tempat pemakaman umum yang ada di pinggir jalan desa itu. Pada saat pohon itu tumbang akses jalan penghubung jalan kabupaten itu sedang sepi.

“Ya sempat kaget langsung keluar rumah mendengar suara pohon itu tumbang,” ujar salah satu warga yang tinggal di sekitar Makam Kesamben, Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Tuban itu, Senin (4/10/2021) malam.

Pada saat pohon tersebut tumbang, kondisi jalan yang menjadi akses penghubung antara jalan Majapahit dengan jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Semanding, Tuban itu sedang sepi. Sehingga pohon yang tumbang mengarah ke jalan itu tidak sampai menimpa kendaraan maupun orang.

“Jalannya saat itu sepi, jadi tidak ada korban. Untuk yang rusak ya tembok pagar makam sama kerusakan ringan teras rumah milik Bapak Mustofa ini,” terang Hari Winarko, Kepala Desa (Kades) Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Tuban saat berada di lokasi.

Sejumlah warga yang tinggal di kawasan pinggir Makam Kesambi, Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dikagetkan dengan adanya pohon Beringin besar yang tiba-tiba tumbang

 

Sementara itu, dengan adanya pohon yang tumbang melintang dan menutup akses jalan itu sejumlah warga langsung melaporkan kejadian itu kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban untuk melakukan evakuasi. Dalam waktu sekitar 30 menit, BPBD bersama warga berhasil membersihkan pohon yang melintang di jalan.

“Kalau usianya pohon ini sudah puluhan tahun. Ini tumbang memang sudah lapuk, saat kejadian tidak ada angin kecang dan tidak hujan,” pungkasnya.[mut/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar