Peristiwa

Tahun Depan Gedung GNI Gresik Direnovasi

Gresik (beritajatim.com) – Kendati masuk bangunan cagar budaya. Gedung Nasional Indonesia (GNI) Gresik terlihat sudah banyak kerusakan. Bangunan milik pemkab itu sejauh ini belum bisa dilakukan revitalitasi. Tahun depan, renovasi gedung baru dimulai.

Sebetulnya untuk memperbaiki gedung di Jalan Pahlawan Gresik itu sudah direncanakan sejak 2019 lalu. Bahkan anggarannya pun sudah disiapkan. Namun terkendala persoalan cagar budaya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Gunawan Setiaji mengatakan, untuk tahun 2021 nanti, anggaran tersebut sudah masuk. Pasalnya, GNI merupakan cagar budaya, perbaikan hanya dilakukan dibagian tertentu saja untuk menjaga nilai sejarahnya.

“Hanya perbaikan yang rusak seperti tembok, kemudian rangka atap. Tidak semuanya ya, karena tidak boleh mengubah bangunan asli,” ujarnya, Kamis (10/12/2020).

Untuk anggarannya sendiri, disiapkan sekitar Rp 1,5 miliar. Selama ini gedung GNI itu sudah tidak digunakan karena kondisinya yang sudah rusak. Padahal bangunannya sendiri masih tergolong bagus dan layak.

Pada perbaikan nanti, pemkab berencana memanfaatkan gedung tersebut untuk sejumlah kegiatan.

“Kami hanya melakukan perbaikan saja, setelah selesai akan kami serahkan ke Disparbud,” imbuh Gunawan.

Setelah selesai nanti, rencananya gedung itu bakal menjadi centra teater. Seluruh aktifitas teater bisa memanfaatkan gedung tersebut. Apalagi pegiat tester di Gresik ini juga tidak sedikit.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Gresik AH Sinaga menuturkan, gedung itu nantinya secara khusus untuk kesenian. Sebab selama ini, gedung untuk memfasilitasi pegiat seni belum tersedia di Gresik. “Ada fasilitasnya juga disana,” ucapnya.

Sinaga menyatakan, perbaikan cagar budaya butuh kehati-hatian. Sebab, ada aturan atau undang-undang yang mengikat bangunan itu. Jika ada kesalahan, tentunya akan menjadi masalah dikemudian hari.

“Jangan sampai bermaksud ingin memperbaiki malah merusak cagar budaya itu sendiri. Makanya perlu pengkajian,” pungkasnya. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar