Peristiwa

Tahun Baru, Lokasi Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Tutup

Suasana Telaga Ngebel Ponorogo. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) РLibur tahun baru, semua tempat wisata di Ponorogo akhirnya ditutup. Itu dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 semakin meluas. Sebab, akhir-akhir ini kasus Covid-19 di bumi reyog selalu ada dan jumlahnya meningkat. Penutupan objek wisata ini tertuang dalam surat edaran (SE) Bupati Ponorogo  Nomor : 713/3558/ 405.01.3/2020, tertanggal 30 Desember 2020.

“Objek wisata yang dikelola Pemkab Ponorogo akan ditutup di liburan tahun baru ini,” kata Bupati Ipong Muchlissoni, Rabu (30/12/2020).

Penutupan objek wisata ini dilakukan selama 4 hari, mulai tanggal 31 Desember 2020. Sementara itu, objek wisata yang tidak dikelola oleh Pemkab, Ipong menyebut jika pengelolanya mampu bertanggungjawab mutlak, bisa mengendalikan pengunjungnya hanya 30 persen dari kapasitas dengan sistem buka tutup.

Serta bisa memastikan pengunjung bisa menerapkan protokol kesehatan, maka boleh buka. Tanggungjawab mutlak itu dituangkan dalam surat bermaterai. Jika tidak bisa membuat surat pernyataan tanggungjawab mutlak ya tidak boleh membuka objek wisata di liburan tahun baru.

“Jika melanggar ya konsekuensinya bisa pidana. Karena ini pandemi,” katanya.

Kebijakan yang dilakukan ini, kata Ipong tidak ada kepentingan apapun. Murni demi keselamatan dan mencegah penularan Covid-19 di Ponorogo.

“Malam tahun baru juga tidak ada acara perayaan. Aloon-aloon dan jalan Suromenggolo pada malam tahun baru juga akan ditutup,” pungkasnya. (end/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar