Peristiwa

Tahun 2019, Pemkab Tuban Masih Fokus Pengentasan Kemiskinan

Tuban (beritajatim.com) – Memasuki tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berkomitmen dan meminta dukungan semua pihak untuk terus menekan serta mengurangi angka kemiskinan yang dialami oleh masyarakat Tuban Bumi Wali itu, Minggu (6/1/2019).

Berdasarkan data yang ada pada tahun 2018 kemarin, angka kemiskinan di Kabupaten Tuban di bawah kepimimpinan Bupati Fathul Huda dengan Wakilnya Noor Nahar Hussein turun sebesar 1,5 persen. Di Jawa Timur sendiri selama tahun 2018 hanya ada empat kabupaten atau kota yang angka kemiskinannya menurun.

“Alhamdulillah pada tahun 2018 angka kemiskinan di Kabupaten Tuban ini turun 1,56 persen. Meski belum banyak, ini menjadi capaian tersendiri bagi Pemkab Tuban, mengingat hanya empat kabupaten atau kota di Jawa Timur yang angka kemiskinannya turun,” terang Fathul Huda, Bupati Tuban.

Pada awal tahun 2017 lalu, angka kemiskinan di Tuban Bumi Wali itu masih berada pada angka 16,87 persen. Sedangkan dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemkab Tuban pada akhir tahun 2018 kemarin warga miskin yang tersebar di berbagai kecamatan di Tuban tersebut turun menjadi 15,31 persen. “Program pengentasan kemiskinan di Bumi Wali ini menjadi fokus Pemkab Tuban saat ini (2019) dengan melakukan program-program pemberdayaan masyarakat dan juga pembangunan,” tambahnya.

Salah satu yang menjadi kendala yang membuat pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tuban kurang maksimal adalah bantuan atau pemberdayaan dari pemerintah yang tidak tepat kepada sasaran. Sehingga diharapkan, semua pihak untuk ikut mengawasi program-program yang ada supaya tepat sasaran. “Saya minta kepada semua untuk bisa ikut mengawal, karena tujuan akhirnya adalah untuk mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Tuban ini,” harap Bupati Tuban yang sudah dua periode tersebut.

Sementara itu, sejalan dengan menurunnya angka kemiskinan di Kabupaten Tuban pada 2018 itu membuat pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan. Pertumbuhan ekonomi dari berbagai sektor itu meningkat dari sebelumnya 4,90 persen dan tahun 2018 menjadi 5,00 persen.

Selain itu, untuk capaian lainnya yang didapatkan oleh Pemkab Tuban selama 2018 kemarin adalah Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan publik di Tuban meningkat. Yakni nilai IKM mencapai 80 dari objek sampling meliputi 58 unit pelayanan 5 OPD (Organisasi Perangkat Daerah), 33 Puskesmas dan 20 kecamatan.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar