Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Tagih Janji Khofifah, Buruh Kembali Demo di Grahadi

Massa Aksi saat melakukan Demo

Surabaya (beritajatim.com) – Ratusan buruh Jawa Timur (Jatim) yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jatim kembali menggelar aksi di Gedung Negara Grahadi, pada Rabu, (8/12/2021). Dalam aksinya, mereka menagih janji Gubernur Jatim dengan perwakilan Gesper (aliansi Gerakan Serikat Pekerja) pada saat aksi buruh pada tanggal 30 November 2021.

Ratusan buruh yang tergabung dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Jember dan Tuban tersebut tetap menolak angka kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP), dan Kabupaten/Kota (UMK) 2022.

Jazuli menjelaskan, mereka menuntut revisi keputusan gubernur di Surat Keputusan Gubernur No. 188/783/KPTS/013/2021 dan 188/803/KPTS/013/2021 yang membahas penetapan UMP dan UMK. Menurutnya, Khofifah harusnya tidak menggunakan Undang-undang Cipta Kerja untuk landasanya.

“Meminta kepada Gubernur untuk segera menetapkan Upah Minimum Sektoral (UMSK) tahun 2022 sebagaimana usulan Bupati/Walikota dan hasil rapat Dewan Pengupahan Provinsi Jatim unsur Serikat Pekerja/Serikat Buruh,” ujar Jazuli.

Ketua DPW FSPMI Jatim, Jazuli mengatakan bahwa awalnya pihaknya berencana melakukan orasi di Kantor Gubernur Jatim. Namun karena tidak ada yang menemui buruh akhirnya pindah ke Gedung Grahadi.

“(Ada) perubahan, massa jadi ke Grahadi, tidak jadi ke Pahlawan (Kantor Gubernur Jatim). Informasinya ada audiensi di sana,” kata Jazuli, ketika dikonfirmasi.

Selain itu, para buruh juga meminta Khofifah untuk memerintahkan Bupati/Wali Kota untuk tidak lagi menggunakan UU Omnibus Law dalam menangani kasus mengenai ketenagakerjaan.

Sebelumnya, ribuan buruh Jatim sempat menggelar aksi pada 29 hingga 30 November 2021, lalu. Mereka menyebut jika kenaikan UMP dan UMK 2022 yang ditetapkan Khofifah masih kurang. (ang/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan