Peristiwa

Sungai Sumber Pasinan Meluap, Rumah Warga di Mojokerto Tergenang

Sungai Sumber Pasinan Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Puluhan rumah warga di Dusun Punggingkrisik, Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto tergenang air banjir, Minggu (7/2/2021). Banjir terjadi karena luapan Sungai Sumber Pasinan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sehingga mengakibatkan Sungai Sumber Pasinan meluber.

“Puluhan rumah warga di Dusun Punggingkrisik, Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto tergenang dengan ketinggian antara 40 cm sampai 50 cm,” ungkapnya, Senin (8/2/2021).

Masih kata Zaini, selain merendam puluhan rumah warga, luapan Sungai Sumber Pasinan juga merendam tanaman padi milik warga. Tanaman padi berumur 2 minggu seluas 15 hektar tersebut terendam. Warga langsung melakukan antisipasi agar air tidak masuk rumah lebih tinggi lagi.

Sungai Sumber Pasinan Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto

 

“Warga melakukan penanggulan di teras-teras rumah dan pematang sawah yang berbatasan langsung ke desa. Kita juga menyediakan mobil siaga desa bilamana terjadi kiriman air untuk melakukan evakuasi serta menutup jalan akses desa Balongmasin,” katanya.

Perangkat desa bersama Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Mojokerto melakukan assesment di titik-titik tanggul yang berpotensi jebol. Zaini menambahkan, pihaknya merekam agar dilakukan normalisasi Sungai Sumber Pasinan, Sumber Kaligoro dan Sumber Sooko.

“Hendaknya, normalisasi di 3 sungai tersebut segera dilakukan oleh OPD teknis dan membuat tanggul permanen di 3 sungai tersebut. Namun alhamdulillah, pagi ini banjir yang merendam puluhan rumah warga sudah surut,” jelasnya. [tin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar