Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Sungai Mojoranu Jombang Mendadak Berubah Warna

Warga Dusun Mojoranu, Desa Tanggalrejo, Kecamatan Mojoagung, Jombang, dikagetkan dengan perubahan warna air yang mengalir di sungai setempat, Jumat (23/9/2022).

Jombang (beritajatim.com)– Warga Dusun Mojoranu, Desa Tanggalrejo, Kecamatan Mojoagung, Jombang, dikagetkan dengan perubahan warna air yang mengalir di sungai setempat, Jumat (23/9/2022). Air yang awalnya bening, mendadak berubah menjadi merah kecoklatan.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab berubahnya warna air tersebut. Ini merupakan kali kedua. Pasalnya, beberapa bulan lalu hal itu juga pernah terjadi. Bahkan air Sungai Mojoranu berubah warna menjadi merah darah.

Ahmad Basori (45), warga setempat, mengatakan, perubahan warna air itu terjadi sejak kemarin. Air yang awalnya bening, mendadak menjadi merah kecoklatan. Itu terjadi di sepanjang 1 kilometer. “Meski berubah warna, tapi tidak gatal di kulit. Saya tidak tahu apa yang menyebabkan air sungai ini berubah warna,” kata Basori.

Kepala Desa (Kades) Tanggalrejo Dimas Wahyu Ramadhana membenarkan adanya feomena tersebut. Menurut Dimas air yang berubah warna itu sepanjang 1 kilometer. Memanjang dari arah timur ke barat. Namun demikian, Dimas belum mengetahui apa penyebab perubahan warna tersebut.

Dimas juga membenarkan bahwa perubahan warna sungai Mojoranu terjadi dua kali ini. Pertama, pada beberapa bulan lalu. Saat itu air sungai menjadi merah darah. Namun ada perbedaan dengan yang terjadi saat ini. “Untuk saat ini merah kecoklatan. Perubahan warna saat ini hanya permukaan saja. Lain dengan dulu. Dalamnya juga merah,” kata Kades Dimas.

Kades Tanggalrejo menambahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) setempat. “Nanti DLH mengambil sampel air di sungai ini,” kata Kades Tanggalrejo. [suf/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev