Peristiwa

Sungai Meluap, Jalan Raya Ploso Jombang Banjir

Petugas Polsek Ploso Jombang mengimbau agar pengendara hati-hati melintasi jalan raya Ploso - Babat, Senin (6/1/2020) malam.

Jombang (beritajatim.com) – Sejumlah kawasan di Jombang dilanda banjir, Senin (6/1/2020) sekitar pukul 23.45 WIB. Salah satunya adalah jalan raya yang menghubungkan Jombang – Lamongan, tepatnya di Kecamatan Ploso. Banjir di kawasan tersebut disebabkan oleh meluapnya Sungai Marmoyo.

Tentu saja, pengendara yang melintasi jalan nasional tersebut harus hati-hati. Pasalnya, ketingggian air mencapai 25 centimeter. Sejumlah petugas Polsek Ploso terlihat siaga di lokasi. Mereka mengimbau pengendara agar berhati-hati.

“Sungai Marmoyo meluap dan masuk ke jalan raya. Air meluber hingga ke jalan raya Ploso – Babat, tepatnya di Desa Desa Bawangan. Kawasan yang tergenang berada di utara SPBU Ploso,” kata Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Ploso Aiptu Sumarso, yang berada di lokasi.

Air menggenangi jalan raya Ploso-Babat, Senin (6/1/2020) malam. Banjir disebabkan meluapnya Sungai Marmoyo

Bukan hanya menerjang Desa Bawangan, Kecamatan Ploso. Banjir juga menggenang beberapa kawasan. Data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang menyebut, banjir setinggi 30 – 40 centimeter juga terjadi di Desa Jatigedong, Ploso. Kemudian banjir juga menggenangi area persawahan Desa Rejoagung, Ploso. Di persawahan itu, tanaman padi baru berusia 15 hari.

“Hal serupa juga terjadi di Dusun Dongeng, Desa Jarakkulon, Kecamatan Jogoroto. Namun demikian, banjir tersebut berangsur surut. Intensitas hujan sangat tinggi mulai sore hingga malam. Itu mengakibatkan beberapa sungai meluap,” ujar Kasi Kesiapsiagaan BPBD Jombang Gunadi. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar