Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Sungai Lawean Nguling Pasuruan Meluap Dua Dusun Terendam Banjir

Pasuruan (beritajatim.com) – Banjir kembali datang menerjang Desa di Kabupaten Pasuruan. Banjir disertai lumpur ini menerjang wilayah Desa Penunggul, Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan, Kamis (3/2/2022) malam.

Menurut keterangan dari Kepala Desa Pengunggul, Selamet Sunhaji, banjir mulai memasuki perkampungan warga sekitar pukul 19.00 WIB. Air yang menggenangi permukiman ini berasal dari luapan Sungai Lawean.

“Banjir mulai datang habis Isya’. Banjir kali ini berasal dari luaoan Sungai Lawean, ” kata Selamet.

Dijelaskan Selamet, hampir seluruh rumah di Desa Penunggul terendam banjir. Ketinggian air bervariasi, mulai dari 30 centimeter sampai 80 centimeter.

Banjir ini menenggelamkan dua Dusun diantaranya Dusun Sawahan dan Dusun Pesisir. Sehingga terdapat 700 kepala keluarga yang terdampak dari luapan sungai Lawean.

“Desa Penunggul ini kan ada 2 Dusun, yaitu Dusun Sawahan dan Dusun Pesisir, semuanya terndam banjir. Totalnya sekitar 700 KK yang terdampak,” jelasnya.

Dalam sebulan, terhitung banjir sudah 3 kali melanda desa Penunggul, kecamatan Nguling. Banjir air bercampur lumpur yang terjadi hari ini, sama seperti banjir yang pertama.

“Banjir kemarin, warga membersihkan bekas lumpur banjir itu 4 hari. Kemungkinan yang sekarang juga sama, karena ini banjirnya bercampur lumpur, sehingga sulit membersihkannya,” pungkasnya. (ada/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar