Peristiwa

Sungai Kalimas Meluber, Puluhan Rumah di Dusun Badas Krian Terendam

Sidoarjo (beritajatim.com) – Hujan deras yang mengguyur kawasan Krian dan sekitarnya, membuat volume air Kalimas yang ada meluap. Meluapnya air tersebut mengakibatkan puluhan rumah di RT 17 dan RT 18 Dusun Badas Desa Bareng Krajan Kecamatan Krian banjir Jumat (8/1/2021).

Luapan air kali tersebut juga sampak masuk ke pemukiman warga. Air banjir akibat luapan Kalimas itu sampai setinggi diatas lutut orang dewasa. Sekretaris Desa Bareng Krajan Ilyasak mengatakan banjir datang secara tiba tiba sekitar pukul 01. 00 WIB, akibat dari luapan Kalimas. Sedikitnya ada 20 rumah terendam banjir sekitar 50 cm.

“Mulai pukul 01.00 banjir datang. Kami bersama warga langsung mengevakuasi barang barang berharga ke tempat yang lebih aman. Perabotan elektronik dinaikan keatas meja, untuk kendaraan roda dua dan mobil kita evakuasi ke tempat yang lebih tinggi,” ucap Ilyasak.

Dia mengatakan saat ini warga telah mendirikan dapur umum untuk menyuplai makan bagi warga yang terdapak banjir. Kapolsek Krian Kompol Mukhlason menjelaskan, saat melakukan pengontrolan dilokasi banjir, sedikitnya ada 15 rumah warga yang cukup parah terendam banjir. Sedangkan lainnya masih tergolong sedang. “Saat ini air sudah mulai surut sekitar 40 cm. Jika tidak ada hujan kemungkian akan bertambah surut lagi,” harapnya

Muhklason menghimbau bagi warga yang terdampak banjir agar anak- anaknya dijaga dan jagan main air, renang, karna banjir ini masih tinggi. “Dikawatirkan anak-anak yang main air bisa kena penyakit gatal gatal,” pungkasnya.

Setelah melakukan pengontrolan Mukhlason juga meninjau lokasi dapur umum dan memberikan bantuan sejumplah uang untuk keperluan dapur umum. (isa/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar