Peristiwa

Sungai Cemporat Meluap, 2 Perumahan di Mojokerto Tergenang

Genangan air di Perumahan yang ada di Mojokerto. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Hujan dengan intensitas tinggi dan lama terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto, Rabu (15/1/2020). Akibatnya, Sungai Cemporat di Kecamatan Sooko, meluap dan mengenangi dua perumahan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, di sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. “Hujan turun selama kurang lebih 2 jam,” ungkapnya.

Hal itu mengakibat peningkatan debit air di Sungai Cemporat. Air sungai kemudian meluap hingga membanjiri dua perumahan di sekitar lokasi. Yakni Perumahan Bumi Sooko Permai dan Perumahan Teratai.

“Selain karena debit air Sungai Cemporat naik, selokan atau gorong-gorong di Perumahan Sooko Permai tersumbat oleh ranting pohon pete. Sehingga air tidak mengalir dengan lancar. Justru menggenangi jalan kurang lebih 30 cm,” katanya.

Sementara genangan air jalan di Perumahan teratai Sooko kurang lebih 50 cm. Beruntung, lanjut Zaini, air tidak sampai masuk ke rumah di dua perumahan tersebut. Genangan air juga terjadi di Jalan Jayanegara, Desa Banjaragung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto.

“Genangan air tepat di jalan Tugu UKS dengan ketinggian antara 20 cm sampai 30 cm. Air tidak sampai masuk rumah warga, namun hingga saat ini genangan air masih belum surut karena hujan masih turun di sejumlah wilayah Kabupaten Mojokerto,” jelasnya. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar