Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Sudah Periksa Semua Saksi, Polres Pasuruan Belum Juga Tetapkan Tersangka Penebangan Liar

Pasuruan (beritajatim.com) – Polres Pasuruan telah memeriksa belasan saksi terkait kasus penebangan liar. Namun hingga saat ini, belum ada satupun pihak yang ditetapkan sebagai tersangka.

Saat dikonfirmasi Kanit Tipikor, Ipda Bambang Sutedja, menyatakan semua saksi atas kasus ini telah diperiksa. Tetapi dia belum berkenan memberikan keterangan terkait progres penanganan kasus ini lebih lanjut.

“Saksi sudah diperiksa semuanya, ada puluhan saksi yang sudah diperiksa. Untuk rilis masih belum dilakukan karena masih banyak kerjaan,” ujar Bambang, Jumat (17/06/2022).

Semua saksi yang diperiksa tersebut mulai dari pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pasuruan hingga para eksekutor penebang pohon. Selain itu, penebang sekaligus pengepul kayu sonokeling berinisial U juga sudah diperiksa.

Kasus penebangan liar yang dilakukan pada Rabu (27/04/2022) lalu  di tepi jalan Pandaan-Bangil juga menjadi perhatian anggota DPRD Kabupaten Pasuruan. Ini karena kejadian tersebut kerap berlangsung menjelang hari raya.

“Siapa-siapa saja yang terlibat mulai yang merencanakan (inisiatornya) sampai penadahnya harus diproses secara hukum. Sehingga negara tidak dirugikan lagi, akibat ulah para oknum tersebut,” tegasnya.

Trakhir Polres Pasuruan periksa sejumlah oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Kedua oknum tersrbut berinisial MHD dan SGT yang diperiksa terkait kasus sonokeling.

Menurut keterangan saksi UDN dan ANS, menyebutkan sebelum pohon sono keling ditebang melakukan perencanaan. Mereka berkumpul merecanakan penebangan disebuah tempat warung kopi di pinggir jalan. (ada/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar