Peristiwa

Sudah Lakukan Pelunasan, 737 CJH Bangkalan Gagal Berangkat

Foto/ilustrasi: Ratusan CJH Tuban saat melaksanan kegiatan Manasik Haji di lapangan Perumdin Semen Gresik Tuban

Bangkalan (beritajatim.com) – Sebanyak 737 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Bangkalan, telah melakukan pelunasan biaya pemberangkatan ke Tanah Suci kepada Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Namun, niat menunaikan ibadah haji harus diurungkan seiring mewabahnya pandemi Covid-19.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Bangkalan Abdul Haris mengatakan, meski para jemaah belum bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini, namun ditunda tahun depan. “Segera kami buat surat edaran untuk sosialisasi kepada calon jemaah haji Bangkalan yang berjumlah 737 orang. Juga kepada kelompok bimbingan ibadah haji dan umroh tentang pembatalan ini sesuai dengan KMA No. 494/2020,” ujarnya, Selasa (2/6/2020).

Ia juga membenarkan penundaan tersebut dikarenakan pandemi Covid-19 yang juga melanda Arab Saudi. Ia berharap, dengan adanya pembatalan ini para CJH bersabar hingga tahun depan. “Demi untuk kemaslahatan, keselamatan dan terpenuhinya syarat rukun haji, maka dimohon masyarakat bersabar dan tawakkal kepada Allah serta yakin tahun depan dapat melaksanakan haji dengan aman dan lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan, Wafir mengatakan, dari 862 CHJ yang harus melunasi, terdapat 737 lunas, sedangkan 125 CJH belum melunasi. “Total yang berhak melunasi ada 862 terbagi atas 745 reguler dan 117 cadangan. Sedangkan yang sudah lunas dan harusnya berangkat tahun ini ada 659 reguler dan 78 cadangan, sedang sisanya belum lunas,” tandasnya. [sar/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar