Peristiwa

Suara Dentuman Misterius, Ini Kata BMKG Malang

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Malang, Mamuri. (Istimewa).

Malang (beritajatim.com) – Masyarakat Malang Raya, Rabu (3/2/2021) dinihari banyak dikejutkan dengan adanya dentuman. Sejumlah lini masa pun ramai mempertanyakan muasal suara itu. Hingga saat ini, suara itu masih misterius.

Salah satu warga Gondanglegi, Kabupaten Malang, Dhimas Fikri mengaku, sekitar pukul 00.30 hingga berakhir pada sekitar pukul 03.00 WIB terdengar suara dentuman.

“Pada pukuk 00.30 itu awalnya ada suara dentuman kecil. Kemudian berlanjut beberapa kali, hingga puncaknya suara dentuman keras sekitar pukul 02.00,” ungkapnya, Rabu (3/1/2021).

Kata dia, suara dentuman itu kembali mengecil sekitar pukul 03.00 WIB. Pada awalnya ia menduga suara itu berasal dari letusan Gunung Semeru.

“Ya, awalnya saya kira suara letusan Gunung Semeru,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Malang, Mamuri, menegaskan, belum bisa menyimpulkan terkait suara dentuman misterius itu.

“Kami belum bisa menyimpulkan suaranya berasal dari mana. Kami masih mencari tau sumber pastinya, mengingat dari rekaman sensor kami tidak ada anomali,” ujarnya.

Mamuri masih menduga suara itu berasal dari aktivitas Gunung Raung yang berada di kawasan Banyuwangi, Jember, Bondowoso yang juga mengalami erupsi pada waktu yang hampir bersamaan.

“Bisa saja dari sana karena pada malam hari keadaan hening. Namun demikian masih perlu konfirmasi ke bagian pos pemantau gunung raung,” pungkasnya. (yog/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar