Peristiwa

Struktur Bata Kuno di Dawarblandong Bekas Kerajaan Majapahit

Mojokerto (beritajatim.com) – Struktur batu bata kuno ditemukan di kecamatan paling utara Kabupaten Mojokerto, yakni di Dusun Sumberejo, Desa Brayublandong, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur memperkirakan temuan tersebut bekas peninggalan Kerajaan Majapahit.

Arkeolog BPCB Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, struktur batu bata tersebut diperkirakan tumpukan bekas rumah. “Yang jelas ini adalah peninggalan Majapahit, untuk bentuknya kami masih menunggu,” ungkapnya, Rabu (14/8/2019).

Pihaknya berharap temuan tersebut merupakan data penting soal sebaran Majapahit sampai di Kecamatan Dawarblandong. Pihaknya juga berharap bisa menemukan bukti bukti lain. Yakni apakah di wilayah Kecamatan Dawarblandong dulunya pernah ada pemukiman atau lainnya.

“Di temuan ini, tidak ditemukan pecahan benda-benda bersejarah. Seperti gerabah atau benda lain yang bisa menunjukkan pada massa berapa bangunan ini didirikan. Tapi yang jelas ini adalah bekas peninggalan kerajaan Majapahit,” katanya.

Wicaksono menambahkan, pihaknya akan melaporkan ke Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Mojokerto untuk segera ditindaklanjuti. Namun untuk melakukan penelusuran lebih detail, pihaknya juga memerlukan izin pemilik lahan karena temuan berada di lahan warga.

“Kata masyarakat sekitar, di daerah ini banyak ditemukan benda-benda peninggalan pada era lampau, seperti serpihan guci hingga senjata. Nanti kita akan kita telusuri apakah pada masa itu, Dawarblandong menjadi posisi penting pada era Majapahit,” tegasnya. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar