Peristiwa

Stasiun Indro Gresik Bakal Diaktifkan Lagi

Gresik (beritajatim.com) – Setelah sekian lama mati suri, stasiun kereta api Indro Gresik, bakal diaktifkan lagi. Selain memfungsikan kembali stasiun tersebut, kabarnya jalur rel kereta api yang sudah lama mati itu akan diaktifkan kembali hingga terhubung dengan Surabaya.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto menuturkan, memang ada rencana pengaktifan kembali perlintasan di Stasiun Indro itu. Namun, sampai saat ini rencana tersebut belum ada keputusan resmi.

“Untuk progres rencana pengaktifannya sudah dimulai. Untuk saat ini, rencana awal baru untuk angkutan barang,” tuturnya, Jumat (4/12/2020).

Menurut Suptapto, pihaknya belum bisa menjelaskan secara gamblang, apakah selain mengangkut barang, kereta api yang akan melintas di stasiun Indro juga akan mengangkut penumpang. “Nanti kalau sudah valid akan saya infokan lagi, mohon menunggu ya, saat ini masih perencanaan,” paparnya.

Sebelumnya, Pemkab Gresik telah membuat master plan untuk jalur kereta itu. Tapi, jadwal kapan akan diaktifkan Pemkab belum mendapatkan kabar terbaru. Pengaktifan perlintasan kereta itu dimaksudkan untuk transportasi barang.

Karena di daerah pesisir memang banyak dipadati oleh industri. Dengan adanya kereta barang, pengiriman logistik bisa jadi lebih efektif. “Sampai saat ini belum tahu pengaktifan itu. Kalau rencana pengaktifan memang sudah lama. Soal kemarin ada kereta yang melintas, kemungkinan proses uji rel. Karena lama tidak digunakan dikhawatirkan ada rel yang rusak,” kata Kepala Dishub Gresik, Nanang Swtiawan. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar