Peristiwa

Stan Pasar Ikan Hias Gunung Sari Terbakar

Surabaya (beritajatim.com) – Dua stan ikan hias di Pasar Ikan Hias Gunung Sari, Surabaya, terbakar, Jumat (22/1/2021). Kebakaran yang terjadi pada pagi tadi ini membuat kalang-kabut penjual sekitar. Bagaimana tidak, mereka harus membantu proses pemadaman dan menyelamatkan barang dagangan.

Kepala Bidang Operasional Dinas Kebakaran Kota Surabaya, Bambang Vistadi menjelaskan, kebakaran terjadi pada titik stan lantai satu. Petugas yang menerima informasi dari penjual ini pun lantas mendatangi lokasi. “Benar ada beberapa stan terdampak saja dan yang terbakar hanya dua stan,” jelasnya.

Lebih lanjut Bambang Vistadi menjelaskan, api yang membara ini diduga karena konsleting listrik. Belum diketahui secara pasti dimanakan titik api awal mula muncul. Hanya saja, stan dengan kondisi banyak colokan memang berpotensi mengalami huhungan arus pendek.

Untuk pemilik stan, lanjut Bambang Vistadi, kedua pemilik stan yang terbakar adalah milik Supriono dan Semi. Dalam proses pemadaman sekitar sejam ini petugas mengerahkan 12 unit mobil pemadam dan penyuplai air.

“Gak ada korban jiwa hanya kerugian materi saja. Dua stan terbakar dan empat stan terdampak gak kebakar habis,” papar Bambang.

Sering terjadi kebakaran akibat arus pendek, begitulah data kebakaran di Kota Surabaya. Hubungan arus pendek ini terjadi karena kapasitas kabel dan panel diberi beban lebih besar dari kapasitasnya. Sehingga kabel dan atau panel pun memanas dan terjadilah hubungan arus pendek.

Melihat kondisi ini, petugas mengharapkan jika hendak memakai panel dan kabel jangan diberi beban besar. Terlebih kabel non kawat tunggal yang lebih sering mengalami over kapasitas listrik.(man/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar