Peristiwa

SPBU Turus-Kediri Aman dan Terkendali

Kediri (beritajatim.com) – Pertamina sigap padamkan api yang membakar jerigen konsumen di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 54.64.139 di Turus, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri.

Kejadian tersebut terjadi pada Senin (11/3/2019) malam pukul 19.15 WIB, dan tidak sampai 10 menit api berhasil dipadamkan oleh operator dan karyawan SPBU lainnya. Upaya pemadamam menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) 9 kg sebanyak 3 (tiga) unit.

“Penyebab kebakaran saat ini masih belum dapat diketahui karena masih dalam tahap penyelidikan dari pihak kepolisian. Tim HSSE (Health, Safety, Security, dan Environment) Pertamina juga diturunkan untuk melakukan investigasi,” jelas Rustam Aji, Unit Manager Communication & Relations MOR V.

Sebelum kejadian, petugas SPBU melakukan pengisian Pertalite ke 2 (dua) jerigen logam berkapasitas masing-masing 30 liter, yang dibawa konsumen menggunakan sepeda motor matic. Api tiba-tiba muncul saat pengisian Pertalite baru sekitar 10 liter di jerigen pertama. Api membakar jerigen, dan sebelum api membesar petugas SPBU dengan sigap memindahkan jerigen menjauhi area pengisian BBM. Karyawan SPBU yang bertugas segera memadamkan api dengan APAR milik SPBU Turus dan pasir yang disiramkan ke jerigen yang terbakar.

Akibat kejadian tersebut tidak menimbulkan korban luka maupun material, kecuali jerigen yang terbakar. Kondisi SPBU saat ini sudah dibersihkan dan siap beroperasi kembali.“Penyaluran BBM di SPBU Turus aman dan lancar, pagi ini sudah siap beroperasi normal. Dispenser dan pulau pompa di SPBU juga tidak mengalami kerusakan,” tambah Rustam.[rea]

Apa Reaksi Anda?

Komentar