Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Siswa SMK Bina Husada Pamekasan Jalani Pelatihan Water Rescue

Pamekasan (beritajatim.com) – Puluhan siswa SMK Bina Husada Pamekasan menjalani program Pelatihan Water Rescue dalam rangka membekali keterampilan penyelamatan agar dapat membantu masyarakat yang mengalami masalah di air, semisal banjir.

Program pelatihan tersebut didampingi langsung oleh sejumlah personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, digelar di sebuah waduk Desa Gagah, Kecamatan Kadur, Pamekasan, Jum’at (21/1/2022).

“Pelatihan water rescue ini dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kompetensi siswa yang ingin menjadi relawan, guna melakukan penyelamatan saat terjadi laka air. Apalagi kami juga mengajarkan penyelamatan secara praktik bagi korban tenggelam,” kata Kasi Pengendalian dan Sarpras BPBD Pamekasan, Budi Cahyono, Minggu (23/1/2022).

Menurutnya tujuan dari program pelatihan tersebut agar siswa terlatih dan bisa membantu masyarakat saat dalam bencana, seperti banjir dan lainnya. “Pelatihan yang diberikan tentang cara memberikan pertolongan saat terjadi musibah di air, serta mengantisipasi berbagai kemungkinan,” ungkapnya.

“Melalui pelatihan tersebut nantinya kita harapkan mereka dapat meningkatkan kesiapsiagaan terhadap penanganan bencana, sehingga mereka dapat menerapkan penyelamatan dasar. Apalagi dalam pelatihan juga didukung dengan APD (Alat Perlindungan Diri) dan perlengkapan pendukung lainnya,” jelasnya.

Para peserta pelatihan juga diberikan praktik langsung penyelamatan di air didampingi instruktur dari personil BPBD Pamekasan. “Kita harapkan pelatihan ini dapat menjadi bekal agar mereka nantinya siap diterjunkan di lokasi bencana, sekaligus sebagai upaya kesiapsiagaan yang harus ditingkatkan,” harapnya.

Tidak hanya itu, peserta pelatihan juga mendapat jenis pelatihan lain yang diterapkan dengan cara praktik. Di antaranya pelatihan turun dari ketinggian hingga beberapa jenis pelatihan kesiapsiagaan bencana. “Kita harapkan nantinya mereka dapat memahami berbagai materi yang disajikan, termasuk dapat membantu masyarakat saat terjadi bencana,” pungkasnya. [pin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar