Peristiwa

Sinergi dengan Instansi Terkait, Polres Madiun Gelar Simulasi Tanggap Bencana

Madiun (beritajatim.com) – Polres Madiun  melakukan simulasi tanggap bencana pada hari Rabu (8/1/2020) di pintu air 12 Desa Glonggong  Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Selain diikuti oleh kepolisian, simulasi tersebut juga diikuti oleh TNI, BPBD Madiun dan para relawan.

”Di wilayah Madiun yang perlu diwaspadai diantaranya bencana banjir, tanah longsor dan kebakaran. Untuk itu hari ini kami lakukan simulasi penanganan saat terjadi bencana,” kata Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono, Rabu sore.

Simulasi ini, kata Ruruh merupakan bentuk kesiapan segala unsur  baik Pemerintah maupun masyarakat dalam mitigasi bencana. Karena dalam hal ini, leading sektornya tentu BPBD Madiun. TNI dan Polri sebagai unsur pendukung. Namun demikian pihaknya siap membantu ketika bencana terjadi. Selain itu juga menyiapkan sarana dan prasarananya.

Baca Juga:

    Semoga tidak terjadi bencana, namun kalaupun terjadi kami siap menurumkan personel untuk membantu melakukan evakuasi,” katanya.

    Pelaksanaan simulasi tadi, dipergakan bagaimana mengevakuasi masyarakat, baik yang tenggelam maupun yang terisolir. Dalam kesempatan tersebut juga dibangun posko terpadu dari dinas-dinas terkait dan komunitas relawan. Posko itu terus berdiri sampai dinyatakan musim hujan sudah lewat. Karena merujuk bencana banjir tahun lalu, tempat yang didirikan, merupakan posko pusat pengendalian bencana banjir.

    ”Ya semoga wilayah Kabupaten Madiun terhindar dari semua bencana,” pungkasnya.(end/ted)





    Apa Reaksi Anda?

    Komentar