Peristiwa

Simulasi Siaga Bencana Banyuwangi Harus Digalakkan

Banyuwangi (beritajatim.com) – Simulasi kesiapsiagaan bencana gempa dan tsunami yang digelar oleh Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur di Pantai Mustika Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran mendapat dukungan dari PT Bumi Suksesindo (BSI). Pasalnya, simulasi tersebut mampu membuat warga lebih waspada dan tanggap saat bencana.

“Kami (PT BSI) mendukung program-program yang bermanfaat bagi masyarakat banyak seperti simulasi tanggap bencana ini,” Direktur PT BSI, Cahyono Seto, Minggu (6/1/2019).


Simulasi itu, kata Seto, sangat dibutuhkan oleh warga.
Terlebih yang tinggal di wilayah rawan bencana. Berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), selama 2018 terjadi 1.999 bencana di Indonesia.

“BNPB juga memprediksi jumlah tersebut masih bisa bertambah, mengingat letak Indonesia secara geologi berada di patahan aktif yang menyebar di hampir seluruh wilayah Indonesia,”

“Kami berharap kegiatan seperti
ini (simulasi tanggap bencana) bisa digalakkan, agar masyarakat juga siap menghadapi jika bencana
terjadi. Selain itu, satuan tugas terkait agar lebih terlatih,” pungkasnya.

Kegiatan sehari ini melibatkan masyarakat sekitar, pemerintah, dan semua unsur kebencanaan wilayah Banyuwangi, seperti TNI, BPBD, BMKG, Tim SAR, Tagana, dan PMI. (rin/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar