Peristiwa

Siaga Bencana, Polairud Polda Jatim Cek Kesiapan Alat dan Personel

Petugas Ditpolairud melakukan pemeriksaan peralatan dan personel siaga SAR di Markas Ditpolairud Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Rabu (24/2/2021). [Foto/Manik Priyo Prabowo]

Surabaya (beritajatim.com) – Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Jatim memeriksa kesiapan siaga SAR di Markas Polairud Polda Jatim, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu (24/2/2021). Persiapan ini diantaranya adalah kesiapan personil dan peralatan sudah siap melakukan operasi penyelamatan.

Wakil Direktur Polairud Polda Jatim, AKBP Mustofa menjelaskan, persiapan ini dikarenakan peringatan BMKG akan cuaca ekstream. Oleh sebab itu, Ditpolairud mengecek kesiapan personel dan perahu jika nantinya diperbantukan operasi SAR.

“Peringatan BMKG menyebutkan adanya puncak musim penghujan dan potensi cuaca buruk. Jika nanti Ditpolairud diperlukan, langsung terjun turut serta evakuasi dalam penyelamatan,” jelasnya kepada jurnalis, Rabu (24/2/2021).

Lebih lanjut, Mustofa menjelaskan, sejauh ini operasi SAR sudah dalam pemetaan. Diantaranya kawasan perairan yang tak bisa dijangkau oleh kapal SAR besar. Atau kawasan banjir yang membutuhkan perahu karet. Setidaknya sudah ada 15 unit perahu karet yang siaga.

Sementar untuk personel lanjutnya, Ditpolairud sudah siap dengan dua pleton atau sekitar 60 personil dengan kemampuan SAR khusus perairan. Persiapan ini juga menjadi atensi Kapolri khususnya di wilayah Jawa Timur.

“Personel ada 60 petugas yang memiliki kualifikasi khusus SAR. Sedangkan peralatan ada 15 perahu karet, alat selam dan juga pompa air khusus. Harapan kita tak ada bencana. Jika ada kita sudah siap selalu,” tandasnya. [man/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar