Peristiwa

Siaga Bencana Laut dan Darat, Begini Antisipasi Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Petugas meninjau kesiapan alat di posko siaga bencana di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (6/1/2020). (Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menggelar posko siaga bencana di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, Senin (6/1/2019). Kapolres Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum menjelaskan, Posko siaga ini masih terfokus pada satu titik. Hal tersebut dikarenakan hampir seluruh wilayah di Surabaya timur dan utara tak lagi banyak genangan air rob maupun banjir.

“Ada lima kecamatan di Polres Tanjung Perak dan semua berpotensi bencana angin puting beliung, banjir dan kebakaran,” jelasnya.

Lebih lanjut AKBP Ganis memaparkan, guna mengantisipasi bencana dan tindaklanjut pasca bencana, pihaknya melakukan patroli darat dan laut. Selain patroli, pihaknya bersama jajaran tiga pilar yakni TNI dan Pemkot Surabaya mensosialisasikan peringatan dini cuaca ekstream.

“Menggunakan konsep komunikasi dan patroli tiga pilar, seluruh personil wajib lapor guna mempercepat penanganan perkara. Sosialisasi ke nelayan dan pengusaha kapal penting sebab jangan sampai ada bencana terjadi di musim ekstream ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Tànjung Perak, AKP Heru Purwandi menjelaskan, peralatan siaga yang ada yakni perahu boat, perahu karet, jukung, mesin pemotong kayu dan banyak lagi. Sedangkan personil siaga pos dikerahkan sebanyak 15 petugas dan personil patroli disiagakan baik dari Polsek maupun Polres. [man/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar